Beranda News Bogor Raya

Bahas Masalah Hoax, Hima KPI UIKA Gelar Semiloka

LIPUTANBOGOR.COM – Puluhan pelajar dan mahasiswa kota Bogor hadiri Seminar dan Loka Karya (SEMILOKA) yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) UIKA Bogor di Aula Fakultas Agama Islam (FAI) UIKA Bogor, Sabtu (18/5).

Kegiatan tersebut mengusung tema “Merawat Dunia dengan Media”. Salah satu pemateri dalam acara tersebut, Subroto sebagai redaktur pelaksana harian Republika mengungkapkan, “Dengan mengetahui adanya unsur berita dan sumber, kita dapat mengetahui berita itu hoax atau tidak,” ungkap Kak Bro sapaan akrabnya.

Baca:  HMI Kota Bogor Gelar Pengobatan Gratis dan Sunatan Masal

Sementara itu, Enggar Arie Syahbara, Ketua Hima KPI menjelaskan tujuan diadakannya acara ini ialah memberi pemahaman tentang pergerakan media saat ini dan dimana saja kita sebagai pengguna media bisa masuk untuk ikut menjadi partisipan media untuk masyarakat.

Brilianto Ksatria Jaya S.S selaku Direktur dan progam news tv MU menambahkahkan, “Think before your post, Jangan sampai kalian terkena UU ITE karena menyebar hoax, kalau kalian menyebar hoax itu berbahaya. Bisa membahayakan diri anda dan orang lain,” terang pria yang biasa disapa om Bril kepada peserta SEMILOKA.

Baca:  BEM FAI UIKA Bogor Peringati Peduli TOSS

Kesan positif disampaikan oleh salah satu peserta seminar yaitu Hana Mutia. “Saya jadi tau kerja pers dibelakang layar itu seperti apa apalagi saat cerita mengenai pengalaman menjadi jurnalis secara langsung dilapangan, dari sini kita belajar lebih cerdas aja memilah sumber berita, jangan langsung percaya apalagi ngejudge kalo belum kita telaah lebih jauh. Pinter pinter cari informasi, jangan langsung diterima aja setiap informasinya supaya ga kena hoax,” ungkap mahasiswa semester 6 yang mengambil kuliah jurusan ilmu Keperawatan di salah satu Perguruan Tinggi Negeri Kota Depok. (Reka Faturachman)