Beranda News Bogor Raya

Bulan Ramadhan Dinilai Bulannya Kebakaran

LIPUTANBOGOR.COM – Kepala Bidang Penyelematan dan Pemadam Kebakaran Kota Bogor, Marse Hendra Saputra menyebutkan bahwa bulan ramadan itu merupakan bulan kebakaran.

“Ya, berdasarkan catatan dan data yang kami miliki, peristiwa kebakaran itu paling banyak di bulan ramadan. Tahun 2017 lalu ada 17 kali, setahun berikut (2018) sebanyak 11 kali kejadian,” kata Marse di ruang kerjanya, Selasa (7/5/2019).

Ia menjelaskan, seringnya terjadi kebakaran di bulan ramadan itu, karena masyarakatnya lalai usai melakukan aktifitasnya, misalnya ketiduran karena lelah dan lupa mematikan atau menyabut benda-benda yang menyebabkan kebakaran.

Baca:  Kasus Penganiayaan ABS dan Kedua Rekannya Dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Cibinong

“Biasanya kebakaran ini terjadi pada waktu malam hari, misalnya setelah salat taraweh kemudian ketiduran dan juga pada saat sahur,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Marse, dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk hati-hati, jangan sampai lengah dan selalu memperhatikan kesiapsiagaan ketika usai melakukan aktifitas.

“Jadi, saya mengimbau kepada masyarakat untuk siaga, meski sedang berpuasa. Jika terjadi kebakaran, segera hubungi kami dan kami akan langsung menindaklanjuti,” pungkasnya. (Heri)