Beranda News Bogor Raya

Dedie Rachim Minta Poktani Bisa Mengolah Alpukat Seperti di Brazil

LIPUTANBOGOR.COM – Kota Bogor kini memiliki perkebunan alpukat yang cukup luas. Perkebunan tersebut terletak di Kampung Pabuaran Pasir, Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim pun melihat langsung sekaligus menanam bibit buah alpukat bersama para kelompok tani (Poktani), Kamis (27/6/2019).

Berbicara perkebunan alpukat, orang nomor dua di Pemerintahan Kota Bogor itu ternyata memiliki pengalaman saat dirinya mendapat tugas ke Brazil.

Waktu itu, Ia masih bekerja di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan berkesempatan mengunjungi Brazilia City yang merupakan ibukota Brazil.

Baca:  Samsudin: Penetapan Caleg Terpilih Tunggu Putusan Mahkamah Konstitusi

Dedie menceritakan, ketika kunjungannya ke Brazil itu ternyata di sana banyak sekali perkebunan alpukat. Bahkan saking banyaknya, alpukat tersebut berjatuhan ke tanah.

“Jadi waktu ke┬áBrazilia City itu dari Rio De Janeiro 1,5 jam naik pesawat. Setelah sampai hotel, kita jalan-jalan dan mencari warung, tapi setelah dua jam jalan tidak ketemu warung, dan hanya melihat dimana-mana pohon alpukat yang berbuah lebat, buahnya banyak jatuh dan enggak ada yang mungut. Memang sebagian besar diolah, di sana ada pabrik pengolahan kalau ga salah dipakai untuk nachos,” ujar Dedie.

Baca:  Gelar Talkshow, KAMMI Bogor Bahas RUU PKS

Berdasarkan pengalamannya tersebut, Ia pun berharap perkebunan Alpukat di Mulyaharja Bogor ini sama halnya dengan apa yang ada di Brazil. Jadi, tidak hanya pembibitan saja melainkan para kelompok tani dinas dan aparatur wilayah bisa mengembangkan kampung alpukat untuk bisa menghasilkan produk olahan.

“Dari pengalaman saya ini diharapkan para kelompok tani bisa seperti itu, jadi tidak hanya menanam saja tetapi ada proses lanjutan atau pengolahannya,” pungkasnya. (Heri)