Beranda News Ekonomi & Bisnis

Eggy Telur Asin Pedas, Produk Inovasi Olahan Telur Asin

liputanbogor.com – Eggy Telur Asin Pedas merupakan  produk olahan telur asin dengan inovasi teknologi penambahan rasa pedas dan bumbu rempah.

 

Inovasi yang dimulai sejak tahun 2016 ini, pada awal pembuatannya hanya ada rasa original dan pedas. Bibit telur itik yang digunakan merupakan hasil dari kemitraan dengan peternak itik, pengrajin telur asin dan supplier telur asin di Jawa Barat. Dalam kurun waktu satu tahun, untuk memperluas pemasaran dan tingkat konsumsi Eggy Telur Asin, maka dibuat varian rasa baru dari bumbu rempah, seperti Eggy Aroma Pedas Jeruk, Eggy Pedas dan Eggy Aneka Sambal Khas Nusantara.

Baca:  Hadapi Tantangan Logistik, Pemerintah bersama Pelaku Usaha Bahas Grand Design Sistem Logistik Nasional

 

 

Perluasan market secara online memerlukan perbaikan dari segi pengemasan agar produk Eggy tidak mudah retak dan mampu disimpan lebih lama oleh konsumen di daerah perkotaan. Eggy Telur Asin rempah tercetus pada momen adanya kendala dalam bisnis hulu yang dijalankan. Produk Eggy telur asin rempah adalah produk turunan dari peternakan bebek atau itik.

 

Ternak itik merupakan bidang yang digeluti oleh seorang alumnus Fakultas Peternakan Universitas Padjdajaran, Beny (yang kini menjadi pemilik bisnis Eggy Telur Asin rempah), yang dimulai dari penetasan, indukan, pengolahan pakan, pembesaran dan tatalaksana ternak itik yang masih dilakukan secara konvensional, serta bekerjasama dengan peternak lokal, investor dan dosen.

Baca:  Dinas UMKM Kota Bogor Ajak Koperasi PWI Kerjasama

 

 

Dalam perjalanan usaha ternak itiknya, terdapat beberapa kendala yang dialami, seperti keterbatasan modal usaha, fasilitas yang masih stagnan, adanya keinginan untuk terus mendapat pengalaman yang baru, cara berpikir yang ingin menerobos sistem yang sudah terbangun dan timbullah tantangan untuk membangun bisnis peternakan dari hulu ke hilir secara terintegrasi.

 

Maka untuk memulai bisnis dan pengumpulan modal tersebut dimulai dari berjalannya bisnis hilir. Karena bisnis hilir memiliki potensi perputaran yang lebih cepat dengan hasil pendapatan yang lebih besar, oleh karena itu produk yang dipilih sebagai inovasi dari produk turunan ternak itik yakni telur asin dan ditambah inovasi rasa pedas menggunakan pemanfaatan teknologi dalam proses produksi hingga pemasaran.

Baca:  Dewangkoro Bird Farm, Dari Hobi Jadi Bisnis

 

 

Eggy Telur asin rempah merupakan produk yang mengutamakan kualitas eksternal dan internal. Yang dimaksud kualitas eksternal berkaitan dengan komoditi, sosial budaya, ekonomi dan lingkungan, sedangkan kualitas internal berkaitan dengan kualitas produk, rasa, higienis, bermanfaat kesehatan dan diterima oleh konsumen secara umum. (LF)