Beranda News Pendidikan

Kepala SDN Rancamaya 1 Bogor: PPDB Online Lebih Simpel Dibanding Manual

LIPUTANBOGOR.COM – Lembaga pendidikan atau sekolah-sekolah di Kota Bogor akan menghadapi program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019-2020. Namun dalam PPDB kali ini, sekolah-sekolah di Kota Bogor menerapkan sistem PPDB Online.

Dengan sistem baru itu, dinilai memudahkan pelayanan bagi petugas atau panitia PPDB di sekolah. Hal itu diungkapkan Kepala SDN Rancamaya 1 Bogor, Teja Laksana.

Menurut Teja, PPDB Online itu sangat memudahkan bagi petugas di sekolah untuk mendata calon peserta didik baru, sebab nantinya para petugas ini cukup menginput data calon siswa baru menggunakan aplikasi yang sudah disiapkan Pemerintah Kota Bogor melalui Dinas Pendidikan yang bekerjasama dengan provider telkomsel.

Baca:  Siswa SCB Gelar Pekan Kreativitas Sosial

“Iya, bagi kami PPDB Online sangat memudahkan pelayanan, jadi tak usah ribet lagi mendata calon siswa baru, misalnya yang tadinya kita harus menyusun atau mengurutkan nama yang sesuai dengan usianya, kini akan otomatis karena yang bekerja adalah aplikasi dan kita sebagai petugas PPDB hanya menginput data saja,” kata Teja saat ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (11/5/2019).

Teja menambahkan, setelah datanya di input maka hasil pendaftarannya di print dan diserahkan kepada orang tua/wali peserta didik baru. “Jadi, orang tua atau wali murid cukup menunggu hasil pendaftaran yang di print di sekolah,” ujarnya.

Baca:  Dinas Pendidikan Kota Bogor Gelar Bimtek untuk Tenaga Administrasi SD dan SMP Se-Kota Bogor

Begitu juga, lanjut Teja, jumlah atau kouta di sekolah sudah ada di aplikasi, sehingga tidak bisa dikurangi atau ditambah. “Di sekolah kami koutanya 60 orang dan itu sudah ada di aplikasi,” terangnya.

Ia menjelaskan, PPDB Online tahun ini baru akan di mulai pada 14 hingga 17 Mei mendatang. Sementara pengumumannya dilaksanakan pada 18 Mei 2019. “Tapi kalau koutanya sudah memenuhi, kami akan membuat laporan ke disdik untuk dipercepat pengumumannya,” pungkasnya. (Heri)