Beranda News Bogor Raya

Kerjasama dengan Bukalapak, Warga Kota Bogor Bisa Bayar PBB-P2 di Aplikasi Ini

LIPUTANBOGOR.COM – Warga Kota Bogor kini tak usah lagi bingung atau jauh-jauh datang ke Kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) untuk membayar pajak.

Ya, dengan majunya perkembangan zaman Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bekerjasama dengan perusahaan e-commerce yakni Bukalapak. Dengan kerjasama tersebut, masyarakat cukup membayar pajak melalui aplikasi Bukalapak.

“Ini kerja sama pertama kami dengan pemerintah daerah, semoga bisa menjadi inspirasi untuk kota lainnya,” ujar CEO Bukalapak, Achmad Zaky usai Launching di Pedestrian sekitar Kebun Raya Bogor, Rabu (23/4/2019).

Zaky sapaan akrabnya mengatakan, sebagai perusahaan teknologi e-commerce Bukalapak tidak hanya sekedar berjualan online, tetapi juga ingin berhubungan baik dengan pemerintah. Salah satunya membantu Pemkot Bogor melalui pembayaran pajak PBB di Bukalapak. Hal ini juga sesuai hasil riset di masyarakat yang menginginkan kemudahan dalam membayar pajak.

Baca:  SPAM Katulampa Akan Segera di Uji Coba, Ini Waktunya

“Jadi kita buat inovasi supaya masyarakat mudah. Saya yakin kalau masyarakat dapat kemudahan, pemerintah juga bisa lebih efisien dan cepat,” jelasnya.

Selain kerja sama terkait pembayaran pajak, lanjut Zaky, Bukalapak turut membantu mengembangkan UMKM Kota Bogor agar menjadi lebih maju. Bersama dengan timnya pihaknya akan membimbing UMKM Kota Bogor, mulai dari cara branding, marketing online dan lainnya.

“Semoga dengan hadirnya Bukalapak bisa membuat Kota Bogor lebih maju dan kami mengapresiasi kecepatan gerak Wali Kota Bogor dengan program Bogor Berlari-nya,” imbuhnya.

Baca:  Pelajar Bogor Bersatu, Deklarasikan Pemilu Damai

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bogor, R. An-an Andri Hikmat mengatakan, berkat kerja sama ini sekarang bayar PBB-P2 bisa dimana saja asal terhubung dengan internet. Di launching pertama ini memang baru PBB-P2 saja, namun kedepan ada delapan pajak lainnya yang siap dikerjasamakan baik dengan Bukalapak atau e-commerce lainnya.

“Jadi buat warga yang rumahnya jauh atau sibuk bisa tetap bayar PBB-P2 tepat waktu. Bukti pembayaran akan masuk ke handphone bisa dikirim melalui email, diunduh di aplikasi Bukalapak dan bisa di print,” jelasnya.

Baca:  Tidak Pilih Lockdown, Kota Bogor Akan Terapkan Karantina Wilayah Parsial dan Bentuk RW Siaga Covid-19

Ditempat yang sama, Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, setiap hari Pemkot Bogor dikejar warga yang mengeluh cara pembayaran ribet, tetapi sekarang kemudahan ini bisa terealisasikan melalui kerja sama dengan Bukalapak. Warga bisa dimana saja membayar pajak lewat gadgetnya, bahkan tanpa perlu keluar rumah.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi semua dinas terkait yang berlari mempercepat realisasi ini. Karena Pemkot Bogor tidak bisa sendiri harus berkolaborasi dengan perusahan e-commerce agar bisa cepat seperti program kita Bogor Berlari,” katanya. (Heri)