Beranda News Bogor Raya

Komunitas BERKAH ajak Kaula Muda Sedekah Bareng

Komunitas BERKAH (Bersama Bersedekah) Bersiap untuk menebarkan keberkahan

liputanbogor.com –  Suasana weekend di pagi hari tepatnya di sekitar Kebun Raya Bogor pukul 06.30 WIB sudah menjadi hal wajar jika banyak pemandangan anak muda yang melakukan aktivitas olahraga pagi. Namun ada yang tampak berbeda kali ini, terdapat sekelompok anak muda yang membagikan nasi box kepada masyarakat yang membutuhkan, Minggu (10/02/2019).

Sekelompok anak muda itu ternyata tergabung dalam sebuah komunitas, yaitu Komunitas BERKAH (Bersama Bersedekah). Mereka terlihat sibuk menjinjing dan membawa beberapa plastik, ternyata isi di dalamnya adalah nasi box berjumlah 100. Menurut Korlap (Koordinator Lapangan) yang biasa di panggil Iik, 100 nasi box ini di bagikan gratis kepada orang yang membutuhkan. “Kegiatan memberikan sarapan pagi ini merupakan salah satu program kami yang di bagikan gratis kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Khususnya tukang becak, pemulung, petugas kebersihan, dan pedagang asongan”terangnya.

Baca:  Dedie A Rachim: Gedung Lama DPRD Kota Bogor Bakal Dibuat Gedung Layanan Publik

Iik sebagai Korlap mengemukakan alasan digagas kegiatan Berbagi Sarapan Pagi sebagai bahan evaluasi dari kegiatan sebelumnya dan masukan dari relawan “Kegiatan sebelumnya di lakukan agak siang dan ini bahan evaluasi juga dan masukan dari relawan agar dilakukan di pagi hari karena sasarannya lebih banyak dan tidak panas” ungkapnya.

Ia menjelaskan kenapa harus berbagi nasi? Karena banyak orang yang membutuhkan makanan saat pagi hari. Mereka menghiraukan rasa lapar demi keluarganya sejak dini hari sudah harus mencari nafkah. Dan pahala luar biasa ketika memberikan makanan apalagi makanan itu nantinya menjadi sumber tenaga yang tentunya untuk beribadah seperti mencari nafkah, sholat dan sebaganya.”pungkasnya.

Ketua umum sekaligus salah satu founder Muftihah Ma’rupah menuturkan sebelumnya sebagian founder Komunitas BERKAH sudah melakukan survei lokasi untuk kegiatan Berbagi Sarapan Pagi 100 nasi box. “Alhamdulillah memang sebelumnya kami melakukan survei lokasi terlebih dahulu, mengingat harus tepat sasaran. Jadi kami petakan tiga titik sasaran yaitu Seputaran Empang, Pasar Surya Kencana, dan arah tuju kujang menuju sempur dan setelah itu kami rapatkan kembali bersama pengurus akhinya dibagi menjadi 3 kelompok yang melibatkan relawan pula”tegasnya.

Baca:  Smart Ekselensia Indonesia Siapkan Fasilitasi Jelang UNBK 2019

Komunitas BERKAH ini ternyata berawal dari perkumpulan persahabatan yang sudah lama terjalin tepatnya dari SMP (Sekolah Menengah Pertama) dan kini keenam founder wanita terdiri dari Muftihah Ma’rupah (Ketua), Finda Alyani (Sekretaris), Iik Rukmini (Bendahara), Diana Fitriani (Divisi Media). Virginia Thifal (Divisi Pemograman), dan Dede Ratipah (Humas) memutuskan untuk membentuk sebuah wadah berbagi khususnya untuk anak muda. “Kami tidak ingin persahabatan yang sudah terjalin bertahun-tahun hanya sebatas kenikmatan sesaat dan duniawi semata. Berawal dari sebuah keresahan dan keinginan untuk mengukir secercah harapan dan menggoreskan tinta kasih sayang dan kepeduliaan sesama” melalui postingan di akun instagram @komunitasberkahoffocial.

Baca:  Ditemukan Fasilitas Rusunawa Berantakan, Disperumkim Janji akan Benahi

Sebelumnya melalui postingan instagram @komunitasberkahofficial pula, Komunitas ini sudah melakukan program kegiatan sedekah baju yang nantinya hasil dari penjualan baju tersebut akan di gunakan untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya. Hal ini juga wujud untuk melibatkan anak-anak muda khusunya untuk menumbuhkan kepedulian. Belum lagi antusias sejumlah donatur yang bersedekah atau berdonasi sudah melebihi target.

Rani salah satu relawan yang jauh-jauh datang dari Tanggerang menuturkan kesan positifnya, “Aku tertarik ikut ini karena kebetulan jurusanku psikologi dan sebelumnya sudah pernah ikut jadi volunteer, kenapa tidak agar kita peduli terhadap orang lain, lebih peka terhadap kondisi orang sekitar,”ujar mahasisiswi psikologi tersebut. “Harapan untuk Komunitas ini semoga kedepannya tambah sukses, tambah maju, tambah besar lagi biar kedepannya lebih dikenal oleh banyak orang lagi”sambungnya. (Tia)