Beranda News Bogor Raya

Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan UIKA Bogor Giat Sosialisasi Protokol Kesehatan

LIPUTANBOGOR.COM – Sejumlah mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) Bogor memperingati Hari Kesehatan Nasional dengan mensosialisasikan pentingnya menerapkan protokol kesehatan kepada masyarakat, di Jalan Mayor Oking dan Pedestrian Kebun Raya Bogor, Kamis (12/11/2020).

Kegiatan ini dilatarbelakangi dari hasil penanggulangan pandemi yang dinilai belum sesuai harapan. Menurut Humaira Anggie, dosen pendamping lapangan, banyak masyarakat yang yakin terhindar dari virus walaupun tidak melakukan tindakan pencegahan.

Sosialisasi ditujukan pada masyarakat yang sedang berada di pinggir jalan. “Kami mengedukasi masyarakat agar selalu menaati protokol kesehatan dengan melakukan 3M. Memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak minimal 1,5 meter. Serta senantiasa menjaga imunitas dengan menjaga pola makan dengan makan bergizi, tidur yang cukup, dan olahraga,” ujar Ramdan Alfiana, ketua Duta Perubahan Perilaku.

Baca:  Anekdot dan Kritik Masa Kini

Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (SATGAS), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah IV dan Universitas-universitas di Bogor. “Tujuannya mengubah perilaku masyarakat, upaya melibatkan mahasiswa dalam solusi wabah covid-19, serta mengedukasi mahasiswa alasan yang menyebabkan masyarakat kurang melakukan tindakan pencegahan,” tambah Anggie.

Masyarakatpun memberikan respon positif terhadap kegiatan ini, walaupun ada beberapa rumah makan yang menolak adanya edukasi di tempat tersebut. “Walaupun lelah, saya merasa senang karna bisa mengedukasi masyarakat bahwa virus covid-19 ini memang ada dan bukanlah sebuah konspirasi,” ujar Hanin Fauziyah, mahasiswi FIKES semester 3. (Reka Faturachman/Z)