Beranda News Bogor Raya

Panggil Baznas ke Balaikota, Bima dan Dedie Bayar Zakat

LIPUTANBOGOR.COM – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bogor menggelar buka puasa bersama di Balaikota Bogor, Jalan Ir Djuanda, Kota Bogor.
Setelah bukber dengan Pejabat Daerah, Wali Kota Bogor Bima Arya dan Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim melakukan kewajiban membayr zakat di bulan Ramadan, belum lama ini.
Sesuai aturan, dalam pembayaran zakat, Bima membayar zakat sebesar 2,5,%. Sementara, Dedie A Rachim membayar zakat maal sebesar Rp1,5 Juta.
“Tadi saya bayar zakat maal sesuai kemampuan, dan saya bayar Rp 1 juta,” kata Bima Kepada wartawan seusai melakukan pembayaran zakat.
Bima menuturkan, terkait pembayaran zakat maal, khususnya untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) akan dibuatkan Peraturan Wali Kota (Perwali). Rencananya, Perwali tersebut akan ditandatangani pada minggu depan.
“Nanti kita akan kerjasama dengan bank, sehingga bisa langsung dipotong gaji ASN yang beragama Islam. Karena. ini salah satu rukun Islam yang harus kita kuatkan,” tuturnya.
Sejauh ini, lanjut Bima, memang belum karena baru sebatas imbauan. Tetapi pihaknya ingin memaksimalkan lagi. “APBD kan terbatas, sedangkan kita banyak kebutuhan untuk pemberdayaan umat. Seperti Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), fakir miskin, anak terlantar hingga UMKM juga,” ujarnya.
Bima menjelaskan, jika ASN membayarkan zakat maal secara rutin setiap bulan, maka yang didapatkan sekitar 9 hingga 11 miliar per tahunnya. Maka rata-rata per bulannya sekitar Rp900 jutaan sampai Rp1,1 miliar.
“Saya berharap bisa dikelola dengan baik, disalurkan kepada yang berhak secara transparan semuanya. Kan nanti ada pertanggungjawaban semuanya,” jelasnya. (Heri)
Baca:  Wagub Jabar: Jalur Mudik di Jawa Barat Siap Dilintasi