Beranda Opini

Pebisnis Yang Kreatif Dan Inovatif

Oleh : Fabela Tri Wardani

Pada dasarnya semua manusia memiliki kemampuan kreatif sejak lahir. Dapat dilihat pada daya kreatifitas semua anak-anak. Seperti kreatifitasnya pada saat menggambar, mewarnai, menyusun sesuatu, dan lain-lain. Pada orang dewasa, kreatifitas seringkali tertekan, tertahan ataupun terbatas oleh pendidikan standar yang diperoleh. Tetapi, sebenarnya kemampuan tersebut tetap ada dan dapat di bangun serta dikembangkan kembali. Menjadi Kreatif itu bukan karena bakat, melainkan karena kebiasaan. Jika kreatifitas dibiasakan, ia akan terus berkembang.

Ada beberapa tips meningkatkan kreatifitas, yaitu sebagai berikut :

  • Mind Mapping. Dengan mind mapping dapat melatih otak untuk berpikir secara divergen.
  • Knowing Every Particular Object. Mengeahui setiap objek tertentu, dengan kebiasaan ini dapat melatih otak untuk bekerja.
  • Metode untuk curah pendapat. Dengan metode ini biasanya ide akan muncul secara tiba-tiba
  • Lakukan kebiasaan dengan cara yang berbeda. Hal ini dilakukan untuk merangsang otak agar tidak selalu monoton sehingga otak akan terus berkembang.
Baca:  Hati Seorang Pemimpin

Seorang Pebisnis harus dapat berpikir kreatif agar dapat menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dari yang lain sehingga mempunyai keunggulan atau keunikan tersendiri. Jadi ketika produk yang dijual kalah saing dengan produk pebisnis lain, maka harus bisa berpikir kreatif dan inovatif untuk menciptakan produk yang baru, berbeda, dan bermakna  agar tidak kalah saing.

Alur dari berpikir kreatif dan inovatif untuk menciptakan sesuatu yang baru yaitu :

creative → innovative → change

Dengan membiasakan diri untuk berpikir kreatif terebih dahulu, baru akan tercipta hal-hal inovatif dan dapat membuat suatu perubahan.

Baca:  Peran Vital Kontestasi Sekretaris Daerah untuk Menghasilkan Pemimpin Berkualitas dalam Pembangunan Daerah Kota Bogor

Maksudnya yaitu, hal pertama yang harus dilakukan adalah membiasakan diri untuk berfikir kreatif. Jika sudah terbiasa maka akan muncul hal-hal inofatif. Dari hal-hal inofatif tersebut akan tercipta suatu perubahan yang baru atau akan tercipta suatu produk yang baru dan berbeda.

Maka dari itu, seorang pebisnis harus bisa berpikir kreatif dan inovatif agar tidak kalah saing dengan pebisnis lain dan agar dapat terus bertahan dalam dunia bisnis.