Beranda News

Pemkot akan Launching Logo 100% Bogor Pisan

LIPUTANBOGOR.COM – Logo 100% Bogor Pisan untuk produk kuliner hingga kerajinan tangan buatan Kota Bogor akan di launching Wali Kota Bogor Bima Arya Senin malam ini di Mall Botani Square, (17/6/2019).

“Logo 100% Bogor Pisan adalah sebuah logo yang secara resmi sudah dibuatkan dasar hukumnya pada tahun 2018. Nantinya,usai di launching logo ini akan menempel di setiap produk Industri Kecil dan Menengah (IKM) asli Kota Bogor, mulai dari kuliner hingga kerajinan tangan,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bogor, Ganjar Gunawan belum lama ini.

Ganjar menjelaskan, logo 100% Bogor Pisan itu terdapat gambar kepala uncal atau rusa dengan warna orange serta tulisan Bogor Pisan dengan warna senada diatas pita putih yang melintang diatas tameng atau perisai berwarna hijau, ditambah tulisan 100% warna putih sebagai penegasan.

Baca:  BMH Ungkap Dugaan Mark-up Pembebasan Lahan Reservoar Jabaru

Setiap gambar yang digunakan memiliki arti dan maknanya masing-masing. Tameng atau perisai melambangkan perlindungan dari kegiatan pemalsuan atau peniruan pihak luar. Kepala rusa atau uncal, dalam bahasa sunda, melambangkan ikon hewan yang mudah dijumpai di Kota Bogor.

Sedangkan 100% Bogor Pisan, menunjukkan produk asli yang dihasilkan para IKM Kota Bogor. Warna hijau, mencerminkan kondisi Kota Bogor yang hijau, sejuk, subur dan nyaman. Terakhir warna orange, melambangkan kematangan dan penuh harapan bahwa Kota Bogor siap untuk menembus pasar yang lebih luas.

Baca:  Sambil Bercanda, Saptarasa Merilis Single Baru yang Bikin Hati Enjoy

Sementara itu, untuk Batik ASN Kota Bogor, Ganjar menjelaskan, penentuan motif berawal dari hasil pemenang sayembara pembuatan motif batik bogor pada kegiatan Bogor Fashion and Food Festival di tahun 2015 silam yang diinisiasi Dekranasda Kota Bogor bekerja sama dengan Botani Square Bogor.

Adapun beberapa gambar yang digunakan pada motif batik ASN Kota Bogor yang didasari warna hitam adalah ikon-ikon Kota Bogor, diantaranya uncal atau rusa, Bunga bangkai dan Kebun Raya Bogor yang sudah terkenal hingga ke mancanegara dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Hingga Gunung Salak yang menjadi background Kota Bogor.

Untuk filosofi yang terkandung pada motif Batik ASN kata Ganjar mencerminkan kekayaan alam dan keragaman hayati yang ada di Kota Bogor, diantaranya bunga bangkai jenis amorphophallus titanum dan rafflesia patma yang ada di Kebun Raya Bogor, hewan kijang, buah talas atau taleus Bogor, Sungai Cisadane dan Gunung Salak. Serta tidak ketinggalan, warisan budaya berupa pusaka kujang.

Baca:  Dinas Pendidikan Larang Pelajar Kota Bogor Rayakan Hari Valentine

Nantinya, dalam memproduksi Batik ASN Kota Bogor akan melibatkan 6 pengrajin batik di Kota Bogor, yakni Batik Bogor Tradisiku, Handayani Geulis, Pancawati, Paniisan, Mago dan Indira.

Langkah ini menurut Ganjar sebagai salah satu cara pemberdayaan IKM Batik Kota Bogor, dengan tujuan jangka panjangnya meningkatkan perekonomian batik Kota Bogor dan mendorong serta meningkatkan produksi dan penggunaan produk asli Kota Bogor. (Heri)