Beranda News Bogor Raya

Pemkot Pastikan Kesemrawutan PKL Pasar Anyar Rapi di Akhir Tahun

LIPUTANBOGOR.COM – Usai halal bihalal, Wali Kota Bogor Bima Arya bersama Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke tiga lokasi di Pasar Anyar. Ketiga lokasi tersebut, diantaranya Jalan Sawo Jajar, Dewi Sartika dan MA Salmun.

Sesampainya di lokasi, Bima mengaku kaget karena kondisi di pasar tersebut begitu semrawut karena keberadaan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan disembarang tempat. Bahkan, Dia menemukan banyak hal salah satunya ketidakjelasan uang kebersihan yang dibayarkan oleh pedagang.

Baca:  Kinerja Walikota Bogor Dinilai Gagal, KAMMI UIKA Geruduk Balaikota

“Temuannya banyak yang tidak jelas, stornya ke siapa? Tadikan saya tanya satu-satu, mereka bayar stor kebersihan dan tidak jelas bayar ke siapa, ini akan kita tata. Di sisi lain, kita jadi kebagian bully nya, kebagian macetnya, kebagian sampahnya. Uangnya kemana enggak jelas,” ungkap Bima kepada wartawan, Senin (10/6/2019).

Bima menjelaskan, kedatangannya ke Pasar Anyar itu sebagai langkah sosialisasi kepada pedagang. Sebab, dalam waktu dekat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan menata Pasar Anyar.

“Kita targetkan bulan desember, Pasar Anyar ini jauh akan lebih tertib. Ini program penataan bertahap, desember akan ada beberapa langkah untuk relokasi PKL, jadi tidak ada yang digusur, yang ada adalah digeser-geser aja. Kita kerjasama dengan CSR, kemudian jalur lalu lintas kendaraan roda empat, roda dua akan dinormalkan dari Sawojajar masuk ke MA Salmun ini,” bebernya.

Baca:  Polres Bogor Gelar Tabligh Akbar, Istighosah dan Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW

Lebih lanjut dikatakan Bima, untuk target awalnya ialah lalu lintas di sini lancar, jangan sampai ada keluhan karena macet. Kemudian membuat masyarakat belanja nyaman.

“Jadi, bulan Desember atau akhir tahun ini tidak ada lagi pedagang-pedagang yang meluber ke jalan,” tegasnya.

Sementara untuk skenarionya, kata Bima, akan ada tim khusus yang dibentuk oleh Satpol PP, dimana nantinya petugas Satpol PP ini akan bekerja atau berkeliling selama tiga shif.

“Nanti mereka akan mutar berkeliling bersama Dishub tiga shif. Mulai dari pagi hingga siang, siang hingga sore dan sore sampai malam untuk memerikan ketertiban ini semua,” pungkasnya. (Heri)