Beranda News Bogor Raya

Samsudin: Penetapan Caleg Terpilih Tunggu Putusan Mahkamah Konstitusi

LIPUTANBOGOR.COM – Ketua KPU Kota Bogor, Samsudin mengatakan bahwa penetapan caleg DPRD Kota Bogor terpilih akan diumumkan setelah hasil putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK).

Sebab, proses tahapan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) untuk Pilpres dan Pileg di MK masih berjalan hingga akhir Juni 2019.

“Sidang perdana MK untuk Pilpres tanggal 14 Juni 2019, sementara hasilnya ditolak atau diterima oleh MK putusannya tanggal 28 Juni 2019,” kata Samsudin.

Untuk Pileg sendiri sesuai jadwal proses registrasi permohonan gugatan di MK pada 1 Juli 2019. Apabila di Kota Bogor tidak ada yang melakukan gugatan ke MK maka proses penetapan caleg DPRD terpilih akan dilaksanakan pada 4 Juli 2019.

Baca:  Presiden Solat Ied di Jakarta, Bima - Dedie di KRB

“Namun apabila ada yang melakukan gugatan ke MK sesuai PKPU tentang penjadwalan tahapan itu dilaksanakan tanggal 12 Agustus 2019, karena tanggal 6-9 adalah putusan MK tentang hasil gugatan peserta pemilu kepada MK,” terangnya.

Sejauh ini, kata Samsudin, di Kota Bogor ada satu caleg yang mengajukan permohonan gugatan ke MK, yakni dari Partai Gerindra H. M. Idris. Meski begitu, pihaknya masih menunggu terkait kepastian apakah permohonannya diterima atau ditolak di MK pada 1 Juli 2019. “Gugatan terkait dengan perbedaan hasil suara,” ungkapnya.

Baca:  Aliansi BEM se-Bogor Gelar Aksi Kreatif Pemilu di Area CFD

Selain menunggu hasil putusan MK, Ia juga menyampaikan bahwa penetapan caleg DPRD terpilih akan melalui rapat pleno terbuka di KPU termasuk mengeluarkan surat keputusan (SK) yang menjadi dasar sekretariat DPRD untuk diajukan kepada gubernur Jawa Barat tentang pelantikan anggota DPRD terpilih. (Heri)