Beranda News Pendidikan

SCB Gelar Workshop Integrated Learning Guna Tingkatkan Kualitas Kependidikan

LIPUTANBOGOR.COM- Sekolah Cendekia Baznas (SCB) menggelar forum bertajuk workshop Integrated Learning ‘Pelatihan Tenaga Pendidik Berbasis Tematik’, Selasa (19/3).

Dalam forum tersebut, SCB berinteraksi bersama Indonesia Heritage Foundation (IHF) yang juga berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui model pendidikan tematik dan integratif sesuai kurikulum nasional.

Acara yang berlangsung pada pukul 09.00 hingga 16.00 WIB tersebut merupakan pelatihan internal bagi tenaga pendidik SCB. Pembahasan pada pelatihan difokuskan mengenai konsep Integrated Learning berbasis tematik yang meliputi, pembuatan lesson plan, pembuatan modul dan pembuatan lembar kerja siswa.

Baca:  OTAMAS, Orientasi Mahasiswa Tanpa Perpeloncoan yang Bernuansa Islami

Kepala Sekolah Cendekia Baznas (SCB), Eko Wawan NR, dalam sambutannya menyampaikan, adanya kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat memperluas pengetahuan dan keterampilan tenaga pendidik SCB dalam membuat dan menyusun model tematik. “Sehingga kegiatan belajar mengajar berjalan efektif dan fokus pada tujuan pendidikan,” ucap Eko.

Hadir berbagai narasumber dalam pelatihan tersebut, diantaranya Direktur IHF yakni Wahyu Farrah Dina, Kepala Sekolah IHF, Triani Widiasih, serta Koordinator SMA Karakter IHF, Raisa Rakhmania.

Direktur IHF, Wahyu Farrah Dina, menjelaskan, dalam membuat alur pembelajaran tematik hal yang perlu diperhatikan adalah keseimbangan antara pencapaian konsep tema dan kompetensi dasar. “Kompetensi Dasar (KD) harus tuntas, jangan hanya fokus ke tema,” ucapnya. Menurut Wahyu, diperlukan pembuatan proyek tema sebagai konsep inti pembelajaran yang memudahkan agar materi tersampaikan dengan baik dan tuntas.

Baca:  Siswa SCB Gelar Pekan Kreativitas Sosial

Kegiatan pelatihan dilakukan di ruang training sekolah SCB yang merupakan Lembaga Program Pendidikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setingkat sekolah menengah pertama. Sebanyak 27 tenaga pendidik SCB mengikuti pelatihan tersebut. Selain pembahasan yang mendalam, kegiatan pelatihan itu juga diisi dengan simulasi pembuatan konsep tematik.

(Sendi Romadhon Simorangkir)