Beranda News Bogor Raya

Sekolah Cendekia Baznas Jalin Sister School dengan Malaysia

LIPUTANBOGOR.COM – Sebagian pendapat meyakini cara efektif untuk memutus mata rantai kemiskinan yaitu melalui pendidikan. Hal ini juga yang membuat lembaga-lembaga pendidikan seperti sekolah di Indonesia perlu memiliki kualitas pendidikan bertaraf internasional atau layak menyandang status “World Class Education”. Pendidikan “bertaraf dunia’ dimaksudkan agar kemampuan dan pencapaian sekolah dalam mengembangkan sekolah serta mempelopori perubahan dan kemajuan yang dinamis.

Beberapa faktor yang perlu diperhatikan sekolah untuk menunjangnya yakni pembangunan SDM tenaga pendidikan, kurikulum, pengembangan IPTEK berbasis ICT, hingga pengabdian social (school social responsibility). Sekolah Cendekia BAZNAS (SCB) yang merupakan sekolah inklusi bebas biaya dan berasrama untuk putra-putri yatim dhuafa Indonesia di bawah Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) ini pun mewujudkan sekolah bertaraf dunia melalui program ‘Sister School”. Program tersebut  merupakan bentuk kemitraan antara Sekolah Cendekia BAZNAS dengan sekolah di negara lain melalui berbagai kegiatan yang saling menguntungkan.

Baca:  Pemkab Bogor Gelar Bogor Fest 2019

Ahmad Kamaluddin Afif selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Sekolah Cendekia BAZNAS dalam keterangan tertulisnya pada Kamis (17/10) menjelaskan, Sister School menjadi salah satu langkah dalam upaya meningkatkan mutu civitas akademika SCB karena akan meningkatkan daya saing sekolah dalam berkompetisi dan berkolaborasi dalam bidang pendidikan di tingkat Internasional. Hal ini menjadi sebab tim SCB yang terdiri beberapa orang diantaranya Eko Wawan NR selaku Kepala Sekolah SCB beserta Ahmad Kamaluddin, Helmi Nursirwan dan Siswadi menjalin kemitraan Sister School dengan beberapa sekolah di Malaysia.

Baca:  Sah! Bima Arya dan Dedie Rachim Pimpin Kota Bogor Periode 2019 - 2024

Diantara sekolah yang menjalin kerjasama melalui program ini yaitu Maahad Integrasi Tahfiz dan Sains Istana Bandar (MITIB), SAM Hulu Langat, dan Akademi Tahfiz Ummu Waraqah. Program ini diharapkan menghasilkan output berupa peningkatan mutu dan daya saing sekolah, memberi kontribusi terhadap perkembangan pada ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memperkuat peran sekolah dalam upaya mencerdaskan kehidupan dan keterbelakangan di berbagai wilayah negara lainnya. Selain menjalin kemitraan dengan sekolah di Malaysia, sekolah yang berlokasi di KampungCirangkong Desa Cemplang,  Kec. Cibungbulang Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini  juga melaksanakan kerjasama dengan International College of Yayasan Melaka untuk lulusan SMA yang ingin melanjutkan study di Malaysia melalui program beasiswa.

Baca:  Daging Beku Ternyata Lebih Sehat Dibanding Daging Segar, Ini Penjelasannya

Ahmad Kamal menyampaikan, seluruh rangkaian program selama di Malaysia telah disampaikan kepada Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI di Malaysia, Mokhammad Farid Maruf. Beliau memberikan apresiasi dan berbagai masukan atas program yang diinisiasi oleh Sekolah Cendekia BAZNAS, serta berharap program ini dapat memberikan dampak positif bukan saja kepada SCB, tetapi dapat memberikan inspirasi bagi sekolah lainnya di Indonesia.

Rep: Sendi Romadhon Simorangkir