Beranda News Pendidikan

SMA Tahfiz Plus Khoiru Ummah Pencetak Hafiz 30 Juz

LIPUTANBOGOR.COM- Sekolah Menengah Atas (SMA) Tahfiz Plus Khoiru Ummah Bogor mempunyai target menjadikan lulusannya Hafiz 30 Juz. Sekolah yang sudah menghasilkan lulusan  angkatan kedua tersebut menerapkan kurikulum berbasis akidah Islam.

Kepala Sekolah SMA Tahfiz Plus Khoiru Ummah Bogor, Yoga Dwi Prasetowo, menyatakan,  SMA Tahfiz ini mempunyai nilai plus karena ada penerapan kurikulum berbasis akidah Islam yang dibagi menjadi tiga bagian. “ Pembagian kurikulum disini ada kurikulum dasar, kurikulum inti, dan kurikulum penunjang,” ucap Yoga kepada Wartawan, Jumat (22/2).

Yoga menyatakan, dalam kurikulum dasar, para siswa akan difokuskan pada pembelajaran Alquran dan bahasa Arab. Kurikulum Inti, para siswa akan diberikan ilmu tentang tsaqofah Islam. Sedangkan untuk Kurikulum penunjang, siswa akan diberikan materi- materi keilmuan yang ditetapkan oleh Diknas.

Baca:  Soal Aktivasi Sekolah, Bima Arya Tak Mau Ambil Risiko

Menurut Yoga, tidak semua materi yang ditetapkan Diknas akan diterapkan kepada siswa. “Kita perlu menseleksi materi- materi yang memang perlu diberikan,” ucapnya. Menurut Yoga, seleksi materi Diknas itu dilakukan karena Kegiatan Belajar Mengajar di sini lebih banyak pada kurikulum inti dan dasar.

Yoga menyampaikan, keberadaan sekolah ini digagas untuk bisa mengembalikan kejayaan Islam. “Kita menginginkan pemuda dan remaja itu dalam menjalani kehidupannya tidak terlepas dari Alquran. Seperti yang dikatakan Rasulullah, jika hal itu terjadi maka  Islam akan kembali Berjaya,” ucapnya.

Baca:  Jawara Sekolah Dasar se-Kota Bogor Ikuti Pembukaan Olimpiade Sains Nasional

Yoga, yang merupakan alumnus IPB, menyatakan, SMA Tahfiz Plus Khoiru Ummah ini selain ada di Bogor juga terdapat di Purwakarta dan Subang. Sekolah tersebut mengharuskan siswanya tinggal di asrama. Tujuannya, selain agar dapat fokus menghapal Alquran, juga untuk pembentukan karakter dalam keseharian para siswa.

Dia berharap, siswa yang sudah lulus dari sekolah ini bisa memiliki empat kelebihan. “kita mengharapkan ada kelebihan yang dimiliki siswa, pertama terbentuknya pribadi yang islami. kedua, memiliki pemahaman agama yang lebih untuk bekal hidupnya di masyarakat. ketiga, mempunyai kelimuan teknologi dan sains,dan keempat yakni berjiwa kepemimpinan,” ujar Yoga.

Yoga mengatakan, nantinya siswa SMA Tahfiz Plus Khoiru Ummah yang mengikuti ujian kelulusan sekolah akan menggunakan UNBK paket C. Namun, Yoga yang asli kelahiran Sleman, Jawa Tengah ini, mengaku, terdapat alumnus dari sekolah tersebut yang bisa melanjutkan ke Universitas negeri. “Bahkan ada yang mau melanjutkan pendidikan ke Mesir,” ungkapnya.

Baca:  SCB Fasilitasi Komputer untuk Siswa Sekolah Lain Ikuti UNBK

Saat ini SMA Tahfiz Plus Khoiru Ummah yang terdapat di Jalan K.H. R. Abdullah Bin Nuh, Sindangbarang Bogor itu sedang membuka pendaftaran bagi siswa baru. Pendaftaran tersebut dibuka dari tanggal 2 Januari hingga 8 Maret 2019. Yoga mengatakan, bagi calon siswa yang ingin mendaftar diharapkan memilki bekal hapalan Alquran lima Juz.

SENDI ROMADHON SIMORANGKIR