Beranda News Bogor Raya

Unik! Kue Balok “Lumut” Dibakar Menggunakan Arang, Menjaga Cita Rasa Luar Dalam

LIPUTANBOGOR.COM – Kue balok merupakan makanan ringan yang berasal dari Jawa Barat yang berbahan dasar tepung dengan saus cokelat lumer di dalamnya, dan rasa yang manis bisa buat kalian tidak cukup sekali untuk mencicipinya.

Nah di Bogor ada kue balok yang memiliki cita rasa yang nikmat, ditambah lagi dengan beberapa toping yang pastinya bikin kamu ketagihan, yaitu kue balok “lumut” yang berlokasi di Ciomas Bogor.

Fijanto Jafarrudin atau juga akrab disapa Fiji merupakan pemilik dari kue balok lumut. Mulanya saat itu mas Fiji merupakan karyawan dari perusahaan elektronik yang terdampak pandemi, hal tersebut mengharuskan dia untuk berhenti dari perusahaannya ia bekerja. Setelah melamar ke beberapa perusahaan dan belum juga mendapat pekerjaan baru. Akhirnya mas Fiji memutuskan untuk membuka usaha, walaupun belum terbenak apa yang ingin dijadikan usaha.

Saat sedang berkunjung ke Depok, dia bertemu dengan seorang kakek yang berjualan kue balok dipinggir jalan yang bermodalkan gerobak kecil, iapun merasa penasaran dan ingin mencoba kue balok tersebut. Saat dimakan ternyata kue balok tersebut lumer hingga menetes ke tangannya dan saat itulah terbesit dibenaknya bahwa, itu merupakan hal unik dan bisa menjadi ide usaha.

Baca:  Tingkatkan Manajemen Organisasi, KNPI Kabupaten Hulu Sungai Tengah Berguru ke KNPI Kota Bogor

Selanjutnya Fiji mulai mencari tahu tentang bagaimana cara memasak kue balok yang enak, ditambah lagi mas Fiji juga memiliki hobby memasak dan memahami cita rasa sebuah masakan.

Setelah berulang kali mecoba untuk menemukan resep yang pas, akhirnya ditemukan rasa yang sudah sangat pas dari segi manis dan komponen bahan pendukung yang cocok untuk kue baloknya. Tentunya Fiji melakukan survei ke pedagang kue balok lainnya untuk mencari rasa yang terbaik.

Pertama kali kue balok lumut dibuka pada tanggal
September 2020, dan setelah mencari pejual kue balok yang lain, menurutnya penjual kue balok di Bogor masih terbilang jarang, karena kue balok berasal dari Garut dan ada juga yang bilang kue balok berasal dari Bandung, dan mas Fiji ingin menaikkan citra kue balok di kotak Bogor.

Baca:  Pernah dibayar Gorengan, Wahyu Saputro Menginspirasi Lewat Kisahnya Jadi Musikus

Saat mas Fiji melakukan survei ke beberapa tempat kue balok lainnya, kue balok yang disajikan ternyata sudah dibuat saat belum ada pelanggan yang memesan yang menjadikan kue baloknya sudah tidak panas atau biasa yang kalian yahu dengan fresh from the oven, hal tersebut ternyata dilakukan karena untuk menghemat modal dan waktu.

Akhirnya Fiji menyajikan kue balok dengan fresh from the oven yaitu jika ada yang memesan, kue balok langsung dibuat olehnya jadi, pelanggan tidak perlu khawatir jika kue balok tidak hangat ketika dicicipi.

Tidak sampai disitu saja, kue balok yang disajikan juga memakai arang untuk lapisan atasnya agar lapisan luarnya matang dan didalamnya lumer, hal ini dilakukan agar kue balok yang disajikan lebih fresh.

Baca:  BNR Jadi Tempat Favorit Warga Ngabuburit

Untuk nama lumut sendiri merupakan kepanjangan dari “lumer di mulut” nama itu dipilih karena sangat unik dan juga lebih mudah untuk diingat oleh pelanggan.

Cara untuk memasarkan kue balok lumut, mas Fiji berawal dengan menggunakan pesan whatsapp dengan melakukan pesan broadcast untuk memperkenalkan produknya.

Menurut Fiji tidak terlalu banyak kendala dalam mendirikan usaha, yang terpenting adalah tekad untuk berfikir maju untuk semangat membuka usaha, iapun membuat stand gerobaknya sendiri untuk menghemat pengeluaran. (Ariel/Rubi/Z)

Buat kamu yang naymerasakan kue balok lumut, kamu bisa langsung datang ke Jl. Raya Ciomas No.313, Ciomas, Bogor. Atau kamu bisa untuk pesan melalui Whatsapp : 085645151237 (Fiji)