Beranda News Bogor Raya

Wisuda Akbar Rumah Tahfiz Bogor Dilaksanakan di Masjid Raya Al Muttaqin

LIPUTANBOGOR.COM- Wisuda Akbar Rumah Tahfiz ke- 9 Kota Bogor, akan dilaksanakan di Masjid Raya Al Muttaqin pada hari minggu tanggal 24 Februari 2019 mendatang. Kegiatan yang rutin diselenggarakan PPPA Daarul Quran setiap tahunnya itu juga dilakukan serentak pada 19 kabupaten dan kota yang tersebar pada 13 provinsi di Indonesia.

Pemimpin PPPA Daarul Quran (DAQU) Cabang Bogor, Diki Alauddin, mengatakan, pertimbangan DAQU Cabang Bogor mengadakan wisuda akbar rumah tahfiz ke- 9 di Masjid Raya Al Muttaqin karena sebelumnya DAQU Bogor sudah menjalin kerja sama dengan DKM Raya Al Muttaqin dalam bidang pembelajaran tahfiz. Pertimbangan lainnya juga pada lokasi masjid tersebut memiliki lahan parkir yang luas. “Bayangkan kalau dipinggir jalan parkirnya pasti mengganggu. Malah menjadi mudorot bagi masyarakat pengguna jalan raya,” ucapnya kepada Liputanbogor.com, Kamis (21/2).

Baca:  BMH Ungkap Dugaan Korupsi PDAM Kabupaten Bogor

Menurut Diki, Masjid Raya Al Muttaqin yang berlokasi di Jalan Achmad Adnawijaya, Tegal Gundil, Bogor Utara, tersebut juga memiliki nilai sejarah dengan PPPA Daarul Quran. “Pembangunan dan perluasan masjid tersebut juga diinisiatorkan Ustaz Yusuf Mansur,” ungkap Diki. PPPA Daarul Quran sendiri merupakan lembaga pengelola sedekah yang didirikan Ustaz Yusuf Mansur.

Diki yang sudah 10 tahun bergabung di PPPA Daarul Quran, menyampaikan, kegiatan wisuda akbar rumah tahfiz di Bogor sejak awal selalu diselenggarakan di Masjid Raya Al Muttaqin. Pengakuannya, saat ini persiapan teknis terkait tempat sudah selesai dilakukan. “Persiapan teknisnya kita sudah selesai antara lain untuk penentuan dimana tempat hapalan, tempat bazaar, tempat berlangsungnya wisuda, sampai dengan perlengkapan sound system,” tuturnya.

Baca:  Lurah Ciluar Hadiri Hajat Demokrasi RT 004

Diki menjelaskan, kalau acara tersebut akan mulai dilaksanakan dari jam 06.00 WIB sampai waktu zhuhur. “Acara tersebut akan dilangsungkan di dalam masjid. Ujian hapalannya nanti di lantai satu, sementara acara tablig akbarnya di lantai dua,” tuturnya. Dia juga menyampaikan roundown acara tersebut dimulai dari ujian hapalan, khataman akbar, prosesi wisuda, talk show inspirasi hijrah, tausiah, dan terakhir ada doorprize.
DAQU Bogor juga akan menyediakan sertifikat, fasilitas makan siang dan door prize bagi peserta ujian hapalan yang akan diwisuda. “Namun masyarakat umum yang hadir ke acara tersebut juga akan mendapat makan siang,” ucap Diki.

Baca:  Urai Kemacetan, Begini Rekayasa Lalin Jalur Puncak

Diki pun mengajak masyarakat umum hadir ke acara tersebut untuk berpartisipasi meramaikan syiar Alquran. Dia juga membuka kesempatan kepada masyarakat umum jika ingin ikut ujian hapalan di wisuda akbat tersebut. “Pendaftaran ujian hapalan bagi masyarakat umum masih terbuka sampai hari acara. Terdapat kategori ujian hapalan 1 juz atau empat surat pilihan seperti Yasin, Arrahan, Alwaqiah, dan Almulk,”ucap Diki yang merupakan sarjana Pendidikan Agama Islam.

(Sendy Romadhon Simorangkir)