Beranda News Ekonomi & Bisnis

Dewangkoro Bird Farm, Dari Hobi Jadi Bisnis

Dewangkoro Bird Farm

LIPUTANBOGOR.COM – Beternak burung kicau banyak dilakukan warga untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Bahkan ada yang menjadikan burung kicau sebagai penghasilan utama. Tingginya potensi keuntungan yang bisa didapat dan terus bertambahnya jumlah penggemar burung, membuat para peternak burung terutama jenis kicau mendapatkan untung yang lumayan.

Niko Pengkuh Dewangkoro Widyatmo warga Depok Jawa Barat ini memiliki penghasilan RP. 3 Juta per bulan dari hasil beternak burung. Jenis burung yang Niko ternakan yakni lovebird dan burung murai batu di rumahnya. Semakin banyaknya penggemar burung dan sering diadakannya lomba burung berkicau, ternyata menjadi peluang bisnis rumahan tersendiri baginya. Menurutnya, semua orang bisa melakukan pembiakan burung kicau. ”Yang penting, pertama kan memang sudah hobi burung kicau. terus telaten dalam memeliharanya,” ujar pria yang berumur 20 tahun ini.

Baca:  Dua Hari Pekan Panutan PBB P2, Bapenda Kota Bogor Berhasil Himpun Rp 3 Miliar

Niko menjelaskan dalam beberapa bulan satu pasangan burung  bisa bertelur sekitar empat kali. Sekali berbiak, jumlah anakan lovebird dan murai yang menetas antara 3 sampai 5 ekor. Jika sudah tumbuh sedikit dewasa atau sudah makan pur dan berganti bulu, harganya bisa mencapai Rp 2,5 juta per ekor. ”Kalau sudah menang lomba, ya lebih mahal lagi. Kemarin milik saya ditawar Rp 10 Juta, tapi saya tidak mau,” ujarnya. Sebab, biasanya burung yang sudah juara harganya bisa mencapai Rp 20 Juta ke atas.

Baca:  Tingkatkan Akses Pembiayaan, Pemerintah Serahkan KUR Khusus Peternakan Rakyat

Sebelum memilih beternak burung, Niko hanya penggemar burung kicauan dan sering mengikuti perlombaan tingkat Latihan Bersama (latber) dan Latihan Prestasi (latpres) kota Depok, hobi ini pun turunan dari bapaknya yang juga sebagai pecinta burung kicau. Awal ternak burung mulai pada tahun 2018 bulan april Namun, saat niko ditanya tentang omzet pendapatan seluruh burung yang diternak, dirinya tidak mau menceritakannya. Malah berkata sambil tersenyum, “Setiap orang memiliki rezekinya masing-masing ini juga masih kecil belum besar hehe,” Lanjut.

Baca:  Dinas UMKM Kota Bogor Ajak Koperasi PWI Kerjasama

Penangkaran kecil yang ia beri nama Dewangkoro Bird Farm ini telah mengantongi izin penangkaran dibawah naungan Asosiasi Penangkaran Burung Nusantara (APBN) wilayah Depok. Penangkarannya bertempat di Jalan Yusuf, Rt.006/Rw.004, no.85, Kecamatan Cilodong, kota Depok, Jawa Barat. Niko pun menjual burung kicaunya lewat media sosial instagram di @dewangkoro.bf  dan facebook nicko pengkuh. (Amir Seto Aji)