Beranda Opini

#Dirumahaja? Mari Kita Bantu Pedagang Kecil Dimasa Pandemi COVID-19

Disusun Oleh : Fabela Tri Wardani

 

Semenjak tersebarnya COVID-19 mengharuskan masyarakat Indonesia untuk karantina wilayah. Karantina wilayah yang saat ini sedang dilakukan ditengah masyarakat untuk menghentikan penyebaran virus COVID-19 turut berdampak pada pedagang-pedagang kecil yang mengandalkan pendapatan harian dari kunjungan konsumen.

 

Saat ini konsumen banyak yang beralih untuk belanja online dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Banyak pengusaha yang mulai mengalihkan bisnisnya dari offline menjadi online. Namun masih banyak juga pedagang kecil yang mengandalkan transaksi offline. Usaha-usaha mikro kecil seperti pedagang kecil inilah yang sangat rentan bila terjadi penurunan daya beli konsumen apalagi dalam keaadaan yang serba tidak pasti ini.

Baca:  Komitmen Sang Musuh Abadi

 

Masih banyak pedagang kecil seperti tukang sate keliling, tukang bubur, tukang bakso, dan yang lainnya yang harus tetap jualan demi mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnnya. Mari kita bantu dan beri solusi untuk pedagang-pedagang kecil ini dengan beberapa cara yaitu :

 

  1. Bisa dengan memberitahu kepada penjual tersebut untuk memakai masker atau bisa dengan memberikan masker dan handsanitizer kepada penjual agar ketika ada yang mau beli, pembeli tersebut merasa aman karena melihat penjualnya memakai masker.
  2. Kita bisa membantu pedagang kecil dengan membeli dagangan yang dijual oleh pedagang kecil. Karena kita tidak tahu apakah dagangannya itu sudah laku atau belum. Disaat kita memiiki uang mari bantu dengan membeli dagangannya.
  3. Mengajak tetangga atau teman untuk ikut membelinya. Dengan begitu pedagang kecil akan mendapatkan pembeli.
  4. Bantu mempromosikan atau menyebarkan usaha pedagang kecil. Karena pada saat pandemi seperti ini banyak usaha yang beralih menjadi online. Kita pun bisa membantu pedagang kecil ini melalui online dengan cara membuat desain poster digital untuk disebarkan di whatsapp ataupun media sosial lainnya. Desain poster digital tersebut bisa berisi dagangan apa yang dijual, lokasi dimana pedagang berjualan, dan yang paling penting nomer telepon penjual agar ketika ada yang ingin beli bisa langsung menghubungi pedagang tersebut.
Baca:  Kemuliaan Perempuan Islam

 

Bagi pedagang kecil yang masih harus tetap menjalankan usahanya harus memperhatikan keselamatan penjual dan pembeli dengan menjaga kebersihan dagangan.

 

Dalam situasi pandemi COVID-19 ini ada baiknya kita saling mendukung dan lebih peka terhadap sesama dan lingkungan dengan membeli dagangan pedagang kecil, belanja di warung, dan sebagainya dengan tetap menjaga jarak. Semoga pandemi COVID-19 ini cepat berlalu dan keadaan segera membaik.