Beranda News Bogor Raya

Kecap ABC Kembali Kampanyekan Kesetaraan Gender ‘Suami Sejati Masak’ Melalui Program Akademi Suami Sejati

LiputanBogor.com- Kesetaraan gender merupakan pandangan berpikir yang dianggap orang untuk menyamakan perlakuan laki- laki dan perempuan dalam memperoleh hak- haknya sebagai manusia sehingga tidak melakukan diskriminasi terhadap identitas gender. Namun pada realita sosial ini, tidak jarang perbedaan gender dapat memunculkan perbedaan peran, tanggung jawab, hak dan fungsi diantara aktivitas laki- laki dan perempuan.

Seperti misalnya kasus minimnya kesadaran suami untuk bersedia memasak di dapur merupakan bentuk dari ketidaksetaraan gender dalam urusan rumah tangga. Berdasarkan data hasil riset Hill Asean Studies pada tahun 2018 menyebutkan, di Indoensia ada sekitar 60 persen istri ikut bekerja tetapi kurang dari 3 diantara 10 suami yang hanya bersedia memasak. Hal ini menambah catatan sebab adanya gerakan dari beberapa lembaga, komunitas, maupun aktivis sosial lainnya yang bermunculan guna menggemakan kampanye kesetaraan gender.

Maka pada hari ini, Sabtu (26/10), Kecap ABC kembali melakukan kampanye kesetaraan gender melalui kegiatan Akademi Suami  Sejati Memasak Roadshow yang berlokasi di Foresthree Restaurant, Jalan Achmad Adnawijaya, Bogor Utara, Kota Bogor. Kegiatan yang telah diinisiatif sejak tahun 2018 ini mengedepankan pada keseteraan gender yang dimulai di dapur melalui kegiatan ‘suami sejati memesak’.

Baca:  Promo Besar-besaran, 200 Ribu Dapat 4 T-Shirt di Bogor Clothing Fest

Marketing and R&D Director Kraft Heinz Indonesia dan Papua Nugini, Dhiren Amin, mengatakan, sebagai sebuah merek lokal di Indonesia selama lebih dari 40 tahun, kecap ABC merupakan merek yang dekat dengan para ibu, maka pihaknya mengadakan kembali program ‘Suami Sejati Memasak’ yang telah sukses pada tahun 2018. “Kesuksesan program yang dirasakan pada tahun lalu tersebut membuat kami semangat untuk meneruskan inisiatif yang sama yakni unyuk mendukung program penyetaraan gender di rumah tangga yang dimulai dari dapur”, ucap Dhiren selaku Marketing and R&D dari PT. Heinz ABC yang kepemilikannya berasal dari perusahaan multinasional di Amerika Serikat.

Lebih lanjut Dhiren mengatakan, yang membedakan dengan tahun lalu, pada tahun ini Kecap ABC ingin memulai inisiatif memberikan apresiasi kepada para isteri dan ibu rumah tangga dengan kebersediaan para suami ikut membantu tugas memasak di dapur.

Tahun ini kebetulan Kota Bogor menjadi kota pertama diselenggarakan roadshow Akademi Suami Sejati 2019. Acara yang berlangsung dari pukul 10.30 WIB hingga pukul 14.00 WIB ini diikuti dua komunitas yakni komunitas Indo Sweet Camp dan Mojang Jajaka Bogor. Dua komunitas tersebut diedukasi bukan hanya mengenai semangat kesetaraan gender dan apresiasi kepada isteri melainkan juga ikut serta dalam sesi memasak bersama Chef Gerry Girianza yang pernah terlibat dalam acara memasak di salah satu stasiun televisi swasta.

Baca:  Polres Bogor Giat Patroli Sembari Bagikan Makanan Sahur

Seorang peserta Suami Sejati Memasak dari Komunitas Mojang Jajaja Kota Bogor, Faisal Tri Ramdani, mengatakan, kegiatan ini menjadi salah satu ajang buat refleksi dirinya menjadi suami yang lebih baik dan bisa membahagiakan isteri. Menurutnya, secara enggak langsung kegiatan suami memasak dapat membangun keharmonisan rumah tangga.

Lanjutnya dia mengaku, kalau kegiatan ini baru yang pertama kali diikuti. Faisal merupakan salah satu diantara tiga pasang suami yang diminta koordinator Komunitas Mojang Jajaka Kota Bogor untuk mengikuti acara tersebut.

Faisal yang merupakan Mojang Jajaka Kota Bogor angkatan 2014 mengatakan, sebelumnya dia hanya sekedar lewat saja ketika melihat isterinya sedang memasak. Tetapi setelah mengikuti acara Suami Sejati Memasak, nantinya dia ingin bisa membantu isterinya memasak.
“Jadi kalau ke dapur sih sering ya, sering lewat ngeliatin istri masak. Tapi dengan ikut kegiatan ini sekarang enggak hanya lewat saja pasti ikut bantu apa yang bisa saya bantu”, tuturnya saat diwawancara di tempat acara.

Baca:  Bupati Bogor Minta Masyarakat Tidak Tolak Pemakaman Jenazah Korban Covid-19

Faisal pun berharap, agar acara ini bisa terselenggara lebih meluas ke berbagai titik daerah lainnya. Dia juga memberi kemungkinan singkronisasi program Komunitas Mojang Jajakka Kota Bogor yang bertujuan memajukan kepariwisataan Kota Bogor dengan program kesetaraan gender melalui memasak yang diselenggarakan pihak Kecap ABC.

Secara terpisah melalui keterangan tertulis, Dhiren menyampaikan, para suami yang sudah mengikuti atau tertarik pada kegiatan Akademi Suami Sejati dengan jargonnya ‘Suami Sejati Memasak’, juga bisa mendaftarkan diri melalui website www.akademisuamisejati.com untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana cara mereka membantu di dapur. Dimulai dari pengetahuan umum alat-alat memasak, hingga resep Kecap ABC Perasaan Pertama yang selalu membuat masakan Indonesia sehari- hari menjadi lebih nikmat.

Rep: Sendi Romadhon Simorangkir