Beranda News Bogor Raya

Kembangkan Kualitas Kepemimpinan Siswa, SCB Adakan Diklat OSIS Se-Bogor Raya

LiputanBogor.com- Kepemimpinan merupakan kemampuan yang penting dimiliki dalam diri seseorang. Terutama bagi mereka yang terlibat dalam organisasi maupun kelompok. Bahkan karena sangat dinilai pentingnya kemampuan tersebut, tidak heran jika terdapat pendidikan dan pelatihan (Diklat) untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan seseorang.

Seperti yang dilakukan Sekolah Cendekia BAZNAS (SCB) beberapa  hari lalu. Sekolah yang terdapat di Jalan Cirangkong, Cemplang, Kecamatan Cibungbulang, Bogor, Jawa Barat, tersebut belum lama ini mengadakan Diklat OSIS Se-Bogor Raya. Tujuannya agar dapat mencetak pemuda yang memiliki komitmen bersama untuk mengembangkan kualitas kepemimpinan pengurus OSIS.

Pembina OSIS Sekolah Cendekia BAZNAS (SCB), Deni, mengatakan, kegiatan itu merupakan salah satu upaya SCB untuk mengembangkan karakter siswa- siswi, khususnya para pengurus OSIS agar menjadi lebih  produktif dan membawa manfaat bagi organisasi di sekolahnya.

Baca:  ASN Kota Bogor Tertangkap Mesum di Bogor Valley

Para pengurus OSIS juga berkesempatan untuk bertukar pengalaman terkait pengelolaan program mandiri dalam menggerakkan sebuah organisasi di sekolah.  “Selain menjalin silahturahmi, kami ingin memfasilitasi kreasi dan inovasi mereka dalam membentuk ide dan program- program strategis OSIS yang bisa disukseskan bersama,” ujar Deni.

Diklat tersebut menghadirkan dua pemateri unggulan yakni  Presiden Mahasiswa IPB massa periode 2016/2017, Panji Laksono, dan Ketua OSIS Se- Jawa Barat, Ibnu Akmal. Diharapkan materi yang disampaikan dua pemateri tersebut dapat membantu peserta Diklat untuk mendalami kepemimpinan di organisasi dan menciptakan program berdasarkan analisis lingkungan dan masyarakat setempat. Sebagai proses Diklat, para siswa- siswi diajak berdiskusi dalam Focus Group Discussion (FGD) serta melakukan perencanaan program yang tepat di sekitar sekolah melalui observasi dan wawancara tokoh masyarakat di lapangan.

Baca:  Kisruh Jalan R3, Warga : Kami Minta Pemkot dan Pemilik Lahan agar Segera Dibuka Hati Nuraninya

Dengan adanya kegiatan tersebut, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Ahmad Kamal, berharap, Diklat OSIS mampu menjadi forum OSIS Muda Indonesia (FOMI), sebuah forum besar yang rutin dilaksanakan setiap tahun oleh sekolah- sekolah yang tergabung dalam sebuah komunitas. “Minimal satu tahun sekali, siswa- siswi yang tergabung dalam komunitas OSIS dapat berkumpul, dapat lebih semangat mewujudkan ide- ide mereka dalam memebentuk program yang nyata,” ungkapnya.

Diklat yang dihadiri oleh sekitar 90 peserta itu terdiri dari Ketua, sekertaris, anggota serta Pembina OSIS di berbagai sekolah di wilayah Bogor Raya. Diantaranya, SMPN 1 Citereup, SMPN 3 Cibungbulang, SMPN 01 Sukamakmur, SMP Islam Tarbiyatul Huda, SMP Islam Nurul Ihsan, SMPN 2 Cibungbulang, SMP Plus Al Hidayah, SMPN 1 Sukaraja, SMPS Al Badariyah, SMP PGRI Leuwiliang, SMP Islam Pamudi Luhur, SMP PGRI Cibungbulang, SMP IT Ummul Quro, SMPN 1 Cibungbulang, SMP IT Nurul Fajar, SMPN 1 Atap Leuwisadeng, SMP Al Ijtihad, SMP IT Al- Kahfi, SMP IT RLA, SMP Salman Al Farisi, SMP Insan Cendekia Magnet School, SMP IT Amalia, SMP An- Nawawi Al- Bantani, SMP Insan Cendekia Boarding School, SMART Ekselensia, SMP Al- Ashriyyahni, SMP IT Al- Madany, SMP IT Darul Qur’an, SMP As Salam, SMP Al Husna, SMP Izzatul Madani, dan SMP Terpadu Abi.

Baca:  Gelar Ngabuburit Pemuda, KNPI Bagikan Ratusan Takjil

Reporter: Sendi Romadhon Simorangkir