Beranda Musik

Mengenal Kiprah Jeans Roek, Band Indie Asal Bogor

Liputanbogor.com – Jeans Roek bukanlah sebuah produk celana, merek distro, atau pabrik konveksi. Jeans Roek adalah sebuah band yang berdiri sejak 2010 yang berasal dari Kota Bogor. Berawal dari pertemanan satu sekolah di SMAN 4 Bogor, Koran (Gitar), Ragil (Drum), Dewa (Vocal), Dimas (Gitar), dan Jati (Bass) sepakat untuk membuat sebuah band dengan konsep Rock N Roll jadul.

 

Setelah sepakat dengan konsep yang dibuat, lalu mereka menamakan band mereka dengan nama Jeans Roek. Nama tersebut diambil setelah mereka melihat temannya yang selalu memakai celana jeans robek. Selang beberapa waktu berlalu, Dimas tiba-tiba pergi meninggalkan Jeans Roek. Tak mau galau, akhirnya posisinya digantikan oleh Amri (Bass) dan Jati beralih menjadi gitaris sampai akhir hayat Jeans Roek.

Baca:  Band ini Mengusung Genre Rock Alternative dengan Musik Khas 90's

 

Tapi, pada 4 Juni 2012 seluruh personil Jeans Roek sepakat membubarkan band ini dikarenakan perbedaan jarak, kota dan tempat kuliah. Setelah 2 tahun berlalu, tepatnya pada 26 Agustus 2014, dengan modal keberanian dan tekad yang kuat, Koran memutuskan untuk membangkitkan kembali Jeans Roek. Akhirnya dia pun menghubungi semua personil dan hanya Amri lah yang berani membangkitkan kembali band ini bersama Koran.

Karena posisi drum masih kosong dan tidak mungkin juga mereka menjadi band akustik. Akhirnya Koran dan Amri melantik Nopa (ex-Preman Kota) untuk mengisi posisi drum. Posisi inilah yang memutuskan mereka sedikit merubah genrenya menjadi lebih garang. Dalam perjalanan mereka bertiga, muncullah seorang bocah Rock N Roll bernama Aji yang akhirnya dipilih menjadi personil termuda yang bergabung dengan Jeans Roek.

Baca:  Make Your move, Band Post Hardcore Bogor yang Easy Listening

 

Dalam perjalanan promo album ke-2 sayangnya Amri sang bassist harus mengundurkan diri dari band karena ia memilih merantau ke pulau seberang untuk bekerja disana, Dan akhirnya Jeans Roek sepakat untuk menarik Dwi, teman satu band Nopa saat sekolah dan ia juga adalah additional Amri dulu. Hingga akhirnya formasi ke 5 inilah yang bertahan sampai sekarang, Koran (Vokal dan Gitar), Nopa (Drum), Aji (Gitaris), Dwi (Bass).

 

Saat ini Jeans Roek sudah memiliki 2 album fisik yaitu Bangkit dari Kubur (2015), Here We Are Shut Your Mouth (2016) dan sedang proses pengerjaan album ke 3 dan ke 4 yang akan release bersamaan. Dengan suara vokal yang konyol, lirik yang diulang-ulang, drum apa adanya, bass tanpa variasi dan sound gitar yang mengaung-ngaung seperti mesin pemotong rumput, mereka siap untuk meramaikan musik indie di Indonesia. (AR)