Beranda Opini

Perempuan-perempuan yang Dirindu Surga

Foto : www.voa-islam.com

Oleh: INTAN (Mahasiswi Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor)

Bismillahirrahmanirrahim

1. Beriman dan bertakwa kepada Allah SWT
Beriman kepada Allah Swt adalah syarat mutlak untuk mendapatkan tiket vviv (surga sekaligus kebahagiaan di dunia dan di akhirat). Dalam QS Al-Baqarah: 2-4 disebutkan tentang ciri-ciri orang bertakwa diantaranya adalah, beriman kepada Allah dan mempercayai hal-hal yang ghaib, mendirikan shalat, menafkahkan sebagian rezeki di jalan Allah, percaya pada Al Qur’an dan kitab-kitab sebelumnya, dan percaya pada hari akhir.

Dalam QS Ali-Imran ditemukan juga ciri-ciri orang bertakwa antara lain: menafkahkahkan hartanya baik pada waktu lapang maupun sempit, mampu menahan amarah, memaafkan kesalahan orang lain dan segera memohon ampunan kepada Allah jika melakukan dosa serta berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

2. Berbakti kepada Orang Tua
Sebagaimana sudah diketahui Allah Swt sangat memuliakan kedua orang tua kita. Sampai dalam salah satu hadits Rasulullah Saw dinyatakan bahwa: “Ridha Allah adalah bergantung pada Ridha kedua orang tua. Dan murka Allah juga bergantung kepada murka kedua orang tua.” (HR Al Baehaqi)

3. Patuh kepada Suami
Rasulullah Saw bersabda, “Jika seorang isteri menegakkan shalat lima waktu, berpuasa saat bulan Ramadhan, menjaga kemaluaanya, dan mentaati suaminya niscaya akan dikatakan kepadanya Masuklah kamu kedalam syurga.” (HR Ahmad)

Baca:  Pesan Cinta Ketum IMM Uika untuk Immawan dan Immawati di Tahun Politik

Patuh atau taat kepada suami adalah dengan menjaga diri. Terutama ketika suami sedang tidak ada di rumah. Hal ini sebagaimana dinyatakan Allah Swt dalam ayat-Nya: “Maka perempuan-perempuan yang shaleha adalah mereka yang taat kepada Allah dan menjaga diri ketika (suaminya) tidak ada. Karena Allah telah menjaga mereka.” (QS An-Nisa: 34)

4. Gemar Melakukan Ibadah
Maryam, Aisyah, Fatimah, dan Khadijah adalah contoh-contoh sempurna perempuan yang rajin beribadah kepada Allah Swt. “Janganlah pernah merasa cukup dalam melakukan ibadah. Teruslah berusaha meningkatkan dan menambah ibadah kita sebab kelak ia akan menjadi teman terang di waktu gelap.”

Sebuah kisah dari Rasulullah Saw: suatu malam Aisyah r.a melihat Rasulullah terus melakukan ibadah shalat hingga kaki beliau bengkak-bengkak. Aisyah lalu bertanya “Wahai Rasulullah, mengapa engkau terus-menerus beribadah? Bukankah engkau adalah ma’shum, seseorang yang terbebas dari dosa? Kemudian Rasulullah menjawab, tidaklah sepatutnya aku menjadi hamba yang bersyukur?” (HR Bukhari)

Baca:  Nasehat Ayah; Kembalilah

Berkaca dari jawaban Rasulullah Saw, kita harusnya merasa malu betapa banyak nikmat yang sudah Allah berikan kepada kita tetapi kita sulit sekali untuk mensyukurinya. Betapa sedikitnya ibadah kita. Padahal, setiap kedipan mata dan setiap tarikan nafas adalah nikmat Allah yang mulia.

5. Menjaga Kehormatan dan Menutup Aurat
Perempuan syurga adalah ia yang senantiasa menjaga kehormatannya dan selalu menutup auratnya. Allah Swt berfirman di dalam Al-Qur’an “Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu dan anak-anak perempuanmu. Dan juga isteri-isteri orang-orang mukmin. Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha pengampun lagi Maha penyayang.” (QS Al-Ahzab: 59)

Dari ayat Al-qur’an di atas dapat kita lihat bahwa salah satu tujuan mengenakan jilbab adalah agar kita mudah dikenali sebagai seorang Muslimah. Itulah identitas kita. Perintah mengenakan jilbab ini adalah salah satu perintah utama dalam Islam sehingga kita wajib menjalankannya apabila kita ingin mendapatkan nikmat Islam seutuhnya. Hal ini sejalan dengan firman Allah dalam kalamNya: “Masuklah kamu ke dalam Islam secara kaffah.” (QS Al-Baqarah:208)

Baca:  Aku si Pecinta Ilmu

6. Pandai Menjaga Lisan
Perempuan syurga adalah dia yang mampu menjaga lisannya dari perkataan kasar dan kotor yang tidak ada manfaatnya. Disadari atau tidak, sebagian besar perempuan dikenal tidak pandai menjaga lisannya. Karena mereka seringkali mudah tergelincir untuk berkata-kata yang menyakiti hati orang lain, bergunjing, dan berbuat sia-sia.
Banyak sekali perempuan yang disebut cerewet, sering berbicara nyinyir, dan menyindir. Rasulullah Saw bersabda: “Tidaklah dikatakan Mukmin orang yang sering mencaci, sering melaknat, dan sering berbuat keji juga berkata kotor.” (HR Ahmad)

7. Gemar Berzikir
Perempuan syurga adalah ia yang senantiasa gemar berzikir dimanapun dan kapanpun ia berada. Hatinya tidak pernah lupa dari mengingat Allah Swt. Bibirnya selalu basah dengan menyebut Asma Allah. Berzikir adalah amal perbuatan yang bisa dijadikan sebagai obat penawar dari ghibah. Allah berfirman, “Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu. Yaitu bagi orang-orang yang mengharap rahmat Allah dan kedatangan hari kiamat yang tidak lain adalah ia yang banyak menyebut Asma Allah.” (QS Al-Ahzab: 21).
Wallahu ‘alam…