Beranda Opini

Ramadhan sebagai Bulan Pembinaan

Oleh : Ahmad WIldan

Ramadhan adalah bulan keberkahan, bulan yang didalamnya seluruh umat manusia dapat merasakan kemuliaan Islam seutuhnya. Hal itu bukan hanya karena sisi keberkahan yang Allah anugerahkan di bulan nan mulia ini saja. Namun juga karena ada sisi ikhtiar dari manusia dalam mengambil dan menjalankan nilai-nilai islam secara kaffah di bulan mulia ini. Bagaimana tidak, di bulan ini nilai-nilai Islam dalam setiap aspek kehidupan manusia muncul secara masif dan serempak di semua aspek kehidupan. Mulai dari aspek sosial masyarakat yang semakin erat dengan berbagai agenda santunan dan saling berbagi satu sama lain.

Baca:  TIDAK MENGAPA

Hal itu tentu semakin memperkuat ukhuwah islamiyah diantara umat. Sedangkan dari sisi ekonomi, bulan Ramadhan tentu membawa keberkahan tersendiri bagi para pengusaha-pengusaha sandang dan pangan. Karena di bulan Ramadhan perputaran keuangan masyarakat lebih terasa dampaknya bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat. Daya beli masyarakat meningkat drastis, dan tentunya diimbangi juga dengan keuntungan berlipat yang diperoleh para pedagang. Dari sisi media Informasi, kita akan sangat dengan mudah menemukan kajian-kajian keislaman dan berbagai konten Informasi dan hiburan yang sangat kental dengan nuansa Islami. Sehingga informasi positif tersebut dapat membantu lahirnya ghirah positif dalam diri setiap manusia untuk bersikap dan berprilaku yang baik dalam kesehariannya. Yang demikian itu dari sisi politik, juga menjadikan para pejabat dan aparatur negara yang kemudian terlihat lebih  bijaksana. dan santun dalam menjalankan peran mereka di masyarakat. Mereka jadi lebih banyak meningkatkan amal ibadah baik yang bersifat horizontal dengan Sang Pencipta, maupun vertikal sesama manusia. Demikianlah keajaiban Ramadhan yang sangat berimplikasi terhadap seluruh sistem dan nilai kehidupan manusia. Disaat kita mulai lalai dengan banyak sekali godaan dunia yang . Allah hadirkan Ramadhan untuk Man tazkiyah kita, untuk Mentarbiah kita dengan konsep ibadah yang dampaknya langsung pada setiap aspek kehidupan kita sebagai manusia.

Baca:  Tujuan Syariah

Oleh karen itu, marilah kita jadikan momentum Ramadhan ini sebagai wadah untuk mensucikan sekaligus mengupgrade iman dan taqwa kita. Agar berdampak pada seluruh sistem dan nilai kehidupan yang kita jalani dalam keseharian kita. Karena itulah fungsi dan peran bulan nan mulia ini. Hadir untuk menjadikan manusia lebih bertakwa kepada Allah SWT. Sehingga terciptalah tatanan kehidupan masyarakat yang penuh dengan nilai-nilai kebaikan dan keberkahan. “ Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebgaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar dengan puasa itu menjadikan kalian orang-orang yang bertaqwa. Wallahu a’lam bi Asowab.