Beranda News Pendidikan

SCB Fasilitasi Komputer untuk Siswa Sekolah Lain Ikuti UNBK

LIPUTANBOGOR.COM- Sekolah Cendekia Baznas (SCB) menyediakan fasilitas laboratorium komputer untuk sekolah yang siswanya akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Selasa (26/2). Sekolah itu diantaranya SMP Bina Insan Cita dan SMP Miftahul Anwar. Kedua sekolah yang terdapat di Pamijahan, Kabupaten Bogor tersebut difasilitasi SCB karena tidak memiliki fasilitas penunjang UNBK.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMP Cendekia Baznas, Ahmad Kamaluddin Afif, mengatakan, fasilitas laboratorium komputer tersebut boleh digunakan untuk sekolah lain dan masyarakat sekitar. “Karena sekolah ini berkomitmen untuk membangun semangat pembelajar dan kebermanfaatan,” kata Ahmad kepada wartawan seusai melaksanakan rapat. SCB yang diperuntukkan bagi siswa dhuafa dan yatim itu memiliki 33 unit komputer yang sudah dilengkapi jaringan internet.

Baca:  Disdik Kota Bogor Gelar Workshop Peningkatan Manajerial Kepala Sekolah Dasar Negeri Bersama Ombudsman

Ahmad menyampaikan, kegiatan penggunaan fasilitas sarana dan prasarana SMP Cendekia Baznas bagi masyarakat maupun sekolah sekitar, berada di bawah program School Sosial Responsibility (SSR). “Program SSR merupakan program tanggung jawab sosial yang diberikan untuk masyarakat dan pihak sekitar SCB,” ucapnya.

Ahmad yang merupakan alumnus IPB, mengaku, pada tahun 2018 terdapat lebih dari enam ribu penerima manfaat program SSR ini. “Termasuk di dalamnya pemanfaatan laboratorium Komputer untuk proses belajar maupun UNBK,” ujarnya. Namun kata dia, pemanfaatan laboratorium komputer sekolah baru bisa tahun ini, karena fasilitas internet, server dan kelengkapannya baru siap satu tahun terakhir.

Baca:  SCB Kirimkan 80 Santri Kafilah Dakwah Ke Sembilan Masjid di Bogor Raya

Menurutnya, tahun ini tidak ada siswa SCB yang mengikuti pelaksanaan UNBK karena SCB baru ada dua angkatan. “Jadi SCB belum ada kelas Sembilan,”kata Ahmad. SCB sendiri baru memiliki bangunan sendiri pada tahun 2017, sebelumnya siswa SCB melakukan kegiatan belajar menumpang di sekolah lain.

SCB yang berada dalam pengelolaan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) juga menyediakan sarana maupun prasanana sekolah lainnya sesuai dengan yang ada di program SSR. Diantaranya, SCB Mengajar, Training Bulanan Sekolah, Gerakan Memakmurkan Masjid, Aksi Peduli Lingkungan, Fun Farming, Broadgame Zakuma (Zakat For Umrah), Pelayanan Kesehatan Gratis melalui UKS Plus. Ahmad menegaskan, pemanfaatan fasilitas SCB diperuntukkan juga untuk sekolah serta masyarakat sekitar.

Baca:  Disdik Kota Bogor dan KPAI Luncurkan Serbuaktif

(SENDI ROMADHON SIMORANGKIR)