Beranda News Bogor Raya

Soal Ujian SMP dikecam Netizen

LIPUTANBOGOR.COM- Momen ujian sekolah adalah momen yang tak bisa dipisahkan dari proses pengajaran dan pendidikan itu sendiri. Karena ujian adalah evaluasi dari seluruh tahapan pembelajaran siswa selama kurun waktu tertentu. Oleh karena itu, sangat disayangkan jika dalam suatu ujian ada soal yang tak sejalan dan bahkan justru menghadirkan hal hal yang tak sepantasnya bagi siswa.

Sebuah akun instagram pada Selasa (9/4/2019), mengunggah sebuah gambar yang memperlihatkan soal ujian mata pelajaran seni budaya untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) di wilayah Kabupaten Bogor Jawa Barat yang di dalamnya terdapat pertanyaan yang sangat disayangkan. Yakni pertanyaan mengenai nama Girl band dan Boyband K-POP Korea. Diantaranya, dengan menampilkan gambar sekelompok artis dengan pertanyaan sebagai berikut :

Baca:  Sat Narkoba Polres Bogor Musnahkan 1,5 Kg Shabu Buatan Home Industry

26. “Girl band yang beranggotakan Lisa, Jennie, Rose, Jisoo, yang berasal dari Negeri gingseng dikenal dengan nama ……………….
a. SNSD
b. Blackpink
c. Wondergirl
d. Cherrybell

Tak hanya itu, di nomor 28 kembali tipe soal yang sama muncul dalam ujian tersebut.

28. Perkembangan musik dan tarian di Indonesia akhir akhir ini banyak condong ke arah Korean POP. Sehingga musik dan tarian saat ini banyak dipengaruhi oleh Boyband dan Girlband asal Korea. Salah satu Boyband yang membawakan lagu “Love Scenario” adalah …..
a. BTS
b. AXO
c. Super Junior
d. IKON

Soal ujian tersebut kontan mendapat berbagai respons netizen. Banyak dari mereka merasa miris dengan kualitas pendidikan Indonesia yang mengajarkan budaya asing secara seronok. Yang mana seharusnya pelajaran seni budaya adalah pelajaran untuk mengajarkan seni dan budaya lokal guna menumbuhkan rasa cinta tanah air pada siswa bukan malah mengkampanyekan budaya asing yang belum tentu sejalan dengan nilai nilai budaya Tanah Air kita sendiri.

Baca:  Bupati Bogor Buka Acara Bogor Fest 2019

Semoga hal ini bisa mendapat perhatian serius dari pihak pihak terkait agar bisa diperbaiki dan dievaluasi ke depan nya. Wildan/Ama