Beranda News Ekonomi & Bisnis

Ulik Pabrik Tahu Raos di Cibalagung Kota Bogor

LIPUTANBOGOR.COM – Di Cibalagung Pasir Jaya Bogor terdapat sebuah pabrik tahu, yaitu pabrik tahu Raos atau sering dikenal dengan tahu Cibalagung.

Pabrik tahu raos mulai beroprasi di tahun 1970an bertempat di Jl. Taman Cibalagung, RT.03/RW.04, Pasir Jaya, Kec. Bogor Barat, Kota Bogor. Yang sampai saat ini masih beroperasi dan menjual ke berbagai pasar dan rumah. H Okim Sukirman merupkan pemilik dari pabrik tahu Raos tersebut.

“pabrik ini dibuka tahun 1970 dan pabrik ini dibuka secara turun temurun dan sekarang memasuki generasi kedua,” ungkap Rahman salah satu karyawan.

Awal mula dibukanya pabrik tahu ini karena Bapak H Okim Sukirman mendapatkan resep membuat tahu dari orang tuanya yang sebelumnya memiliki pabrik tahu, lalu bapak Okim ingin melanjutkan bisnis keluarganya dan masih bertahan sampai saat ini.

Baca:  Peduli Gizi Masyarakat, Mahasiswa KKN UIKA Adakan Penyuluhan Stunting di Desa Cigudeg

Yang membuat pabrik ini berbeda dari pabrik lainnya yaitu dengan berinovasi menggunakan cuka makan dan tidak menggunakan tepung cioko karena agar rasa nya tidak asam dan bisa lebih tahan jika disimpan lebih lama.

Cara pembuatan tahu ini, pertama tama kacang kedelai di rendam selama tiga jam sampai mengembang, lalu dicuci sampai bersih, setelah itu di giling sampai halus, dan hasil penggilingannya direbus selama dua puluh menit sampai tiga kali proses mendidih. Lalu, selanjutnya di saring dan dipisahkan ampas kedelai dengan susu kedelainya.

Baca:  Tingkatkan Akses Pembiayaan, Pemerintah Serahkan KUR Khusus Peternakan Rakyat

Bahan yang dipakai untuk pembuatan tahu yaitu susu kedelainya, bahan dari susu kedelai di tambah dengan cuka makan, dan diaduk sampai membentuk gumpalan seperti agar-agar, lalu dicetak dan di tekan dengan alat press selama lima belas menit, dan setelah tercetak, tahu di potong lalu masuk ke proses penguningan.

Caranya dengan menggunakan rebusan air kunyit direndam selama sepuluh menit, ketika tahu sudah mulai menguning, diangkat dan ditiriskan sampai suhu tidak terlalu panas, dan siap untuk di kemas.

Baca:  Pura Parahyangan Jagatkarta, Serpihan Bali di Tanah Sunda

Walau sering memproduksi tahu, tapi pabrik tahu Raos ini memiliki kendala, yakni harga kacang kedelai yang terus naik. Yang dimana, biaya untuk produksi juga makin bertambah, dan solusinya adalah dengan merubah ukuran menjadi sedikit lebih kecil tetapi harga tidak berubah, ini dilakukan karena pabrik tahu raos tidak ingin mengecewakan pelanggan.

Dan juga pabrik tahu raos mendistribusikan ke beberapa tempat seperti pasar, kios, atau tukang sayur yang berkeliling, atau pelanggan bisa juga membeli langsung ke pabriknya. (Rubi/Ariel/Z)