Beranda News

Anggaran Covid-19 Tidak Transparan, Mahasiswa Ancam Demonstrasi

Gerpamma, Audiensi, DPRD, Covid-19
Gerpamma melakukan audiensi dengan Pansus Covid-19 DPRD Kota Bogor, pada Rabu sore (17/6/2020).

Liputan Bogor – Gerakan Perjuangan Masyarakat dan Mahasiswa (Gerpamma) siap melakukan demonstrasi untuk menuntut keterbukaan dan transparasi karena tidak puas saat audensi dengan Pansus Covid-19 DPRD Kota Bogor, pada Rabu sore (17/6/2020).

Usai audiensi, Gerpamma menilai bahwa Pansus Covid-19 DPRD Kota Bogor tidak transparan kepada publik terkait penggunaan anggaran penanganan pandemi tersebut.

“Tidak adanya transparansi kepada publik terkait penggunaan anggaran APBD Kota Bogor dan donasi-donasi dari swadaya masyarakat untuk permasalahan covid – 19, maka kami akan siap turun kejalan untuk mempertanyakan hal tersebut,” ungkap Ketua Gerpamma Fatarizky usai audensi, di Gedung DPRD Kota Bogor.

Baca:  Gelar Muscab, Abdul Rojak Pimpin GMPI Kota Bogor

Sebelumnya, Gerpamma dengan tegas menyampaikan pernyataan sikap bahwa, dalam 5 X 24 jam Pansus pengawasan anggaran Covid- 19, agar menghadirkan Forkominda atau jajaran Gugas Tugas Covid -19 Kota Bogor untuk duduk bersama menjelaskan transparansi anggaran dan donasi untuk Covid-19.

“Secara tertulis pernyataan sikap kami sampaikan kepada Pansus Pengawasan Anggaran Covid-19,” terang Fata kepada awak media.

Di tempat yang sama, Kabid Advokasi Gerpamma Hendi mengatakan, dalam Pasal 1 angka 4 UU 23 tahun 2014 disebutkan bahwa DPRD adalah lembaga perwakilan rakyat daerah yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara Pemda.

Baca:  Abaikan Keributan, Manajemen THM Exclusive Dilaporkan ke Polisi

Tentunya, DPRD Kabupaten atau Kota memiliki fungsi, tugas dan wewenang. DPRD memiliki fungsi leguslasi, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan, bahkan hak memanggil untuk meminta keterangan ke pihak eksekutif.

“Jadi jika Gugus tugas tidak transparansi kepada DPRD Kota bogor terkait data – data, maka untuk itu DPRD harus menggunakan hak interpelasinya,” tegas┬áHendi yang juga menjabat Presma STKIP Muhammadyah Bogor.

Para mahasiswa dan perwakilan masyarakat yang tergabung dalam Gerpamma tersebut ditemui oleh Wakil Ketua DPRD Kota Bogor, Jenal Mutaqin dan Jajarannya saat melakukan audiensi terkait anggaran penanganan Covid-19. Pihak DPRD menyatakan bahwa, akan mempelajari pernyataan yang disampaikan pihak Gerpamma saat audiensi. (MSA)