Beranda Opini

Bolehkah Jual Beli Followers dalam Islam

Di era millenial kini sosial media memiliki candunya tersendiri.Instagram merupakan salah satu sosial media terpopuler saat ini. Dengan fitur-fitur menariknya instagram mampu membius banyak orang untuk menggunakannya.

Fenomena menarik dari para pengguna instagram saat ini adalah bagaimana kebanyakan orang ingin untuk mempopulerkan akunnya dengan tujuan agar memperoleh follower  yang banyak.

Melihat fenomena ini banyak orang yang menjadikannya peluang binsni dengan jual-beli followers.

Lalu , Bolehkah jual beli followers dalam Islam ?

Jual beli followers dibolehkan dalam islam dengan memenuhi kriteria berikut :

  • Tujuan penggunaannya halal dan legal
Baca:  Agar Kita Tidak Merugi di Bulan Ramadhan

Pembelian followers digunakan untuk hal yang tidak dilarang syariat maupun undang-undang seperti untuk mempromosikan produk onlineshop.Penggunakan yang dilarang misalnya adalah untuk menyebarkan berita hoax.

  • Proses mendapatkan followers yang dilakukan oleh penjual dencara yang halal dan sesuai undang-undang.

Ada berbagai cara yang dilakukan  oleh penjual dalam memperoleh follower, likes, dan viewer. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi hublaagram. Untuk mendapatkan aplikasi penambah follower tersebut terlebih dahulu membeli kepada agen-agen penjual follower.

Cara kerja aplikasi hublagram yaitu dengan memasukkan username dan password instagram. Tahap selanjutnya yaitu memasukkan security code yang  sudah ditentukan. Setelah berhasil log in maka tahap berikutnya adalah  memilih apa yang akan ditambahkan di akun pembeli, apakah  follower, likes dan viewer atau comment. Follower, likes, comment yang diperoleh dari aplikasi tersebut yaitu berasal dari akun orang yang telah berlangganan dengan aplikasi hublaagram dan juga akun bot yang di masukkan kedalam aplikasi.Diantara contoh yang dilarang adalah menggunakan fake account atau akun palsu dan menggunakan akun orang lain tanpa seizinnya itu selama saja mengambil hak orang lain secara bathil.

  • Followers yang diperjualbelikan harus jelas kualitas , kuantitas dan wakru penyerahannya dan bisa diserahterimakan.Kejelasan tersebit dibutuhkan agar tidak ada unsur gharar yang dilaran dalam islam.
Baca:  Kampus Sebagai Miniatur Negara

 

Bersosialmedialah yang baik dan benar yang dapat membawa dampak positif bagi para warga instagram. Manfaatkanlah mediasosial tersebut sebagai ajang belajar, berdakwah, bersosialisasi serta menggali potensi diri dan hal-hal lain yang bersifat positif baik bagi diri sendiri dan orang lain.

Oleh : Eka Fitriyan