Beranda Opini

Dampak Pergaulan Bebas Bagi Orang Beriman

Oleh : Sendi Romadhon S.

Pergaulan antara pria dan wanita menjadi hal yang sudah lumrah kita lihat di sekeliling lingkup masyarakat, sekolah maupun keluarga. Namun perlu diperhatikan bahwa dalam Islam terdapat rambu- rambu yang mengatur pergaulan antara lawan jenis bukan mahramnya. Hal ini menjadi penting melihat dampak yang dapat terjadi bilamana pergaulan bebas dibiarkan hingga berpeluang pada kemaksiatan.

Di zaman modernisasi ini, kita dapat melihat dalam lingkup masyarakat terdapat banyaknya pelanggaran yang terjadi dalam pergaulan pria dan wanita. Seperti halnya pria yang berboncengan bersama teman perempuan, anak remaja laki- laki dan perempuan yang berpegang- pegangan  tangan, pasangan bukan mahram laki- laki dan perempuan yang menikmati makan satu piring berdua, bahkan tak jarang kita melihat adanya laki- laki yang berada dalam satu kamar kos bersama teman perempuannya.

Baca:  Stop Politik Devide et Impera

Pelanggaran- pelanggaran pergaulan itulah yang menyebabkan berkembangnya pergaulan bebas di kalangan remaja maupun dewasa. Kegiatan tersebut amatlah mengerikan. Jika saja pergaulan bebas semakin berkembang dan mengakibatkan perzinahan bertambah. Tentu akan memancing murka Allah Subhanahu Wa Ta’alla.

Dampaknya murka Allah akan mengenai penduduk bumi yang lain, tak terkecuali orang- orang beriman serta mereka yang tidak melakukan maksiat. “Dan tidak pernah (pula) kami membinasakan kota- kota ; kecuali penduduknya dalam keadaan melakukan kezaliman”. (Q.S. Al Qhashash ayat 59)

Baca:  Yuk Gali Potensi Diri

Dalam ayat tersebut Allah memperingatkan kepada kaum mukmin agar tidak mendiamkam kemungkaran dan kemaksiatan di sekitarnya. Hal ini seperti yang tertuang dalam hadits shahih Muslim dari Zainab binti Jahsy bahwasanya ia bertanya pada Rasullullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. “Wahai Rasullullah, apakah kami akan dibinasakan padahal ada orang- orang shalih di tengah kami ?”, Beliau menjawab, “Ya, bila keburukan telah demikian banyak”.

Dalam Al Qur’an, Allah Berfirman, ”Dan peliharalah dirimu dari siksaan yang tidak hanya menimpa orang-orang yang zalim saja diantara kalian. Dan ketahuilah bahwa Allah amat keras siksaan-Nya”. (Q.S. Al Anfaal ayat 25)

Baca:  Tujuan Syariah

Dari dalil- dalil tersebut dapat kita pahami bahwa Allah dan Rasul-Nya mengingati orang- orang beriman untuk melakukan amal ma’ruf nahi mungkar agar selamat dunia dan akherat. Oleh karena itu, penting untuk orang beriman menjaga lingkungan masyarakat dari hal- hal yang dilarang oleh Islam seperti ikhtilat haram, khalwat, pacaran, perbuatan zina asusila, perbuatan yang mempertontonkan aurat di tempat umum serta perbuatan lainnya yang bertentangan dalam aturan agama.