Beranda News Bogor Raya

DKM Alumni IPB Izinkan Komunitas Gunakan Masjid untuk Kajian

Kajian Malam Masijid ALumni IPB

LIPUTANBOGOR.COM- Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Alumni IPB mengizinkan komunitas gunakan Masjid Alumni IPB untuk pengadaan kajian, Sabtu (15/12). Masjid yang  diresmikan pada Juni 2017 itu terdapat di Jalan Cidangiang No. 4, Baranangsiang, Bogor Timur.

Sesuai namanya, Masjid Alumni IPB berisikan pengurus dan pengelolanya para Alumni IPB. Pada saat peresmian, masjid tersebut selain diperuntukkan sebagai tempat ibadah ummat islam, juga dijadikan tempat pengadaan  kajian Islam setiap harinya.

Imam Masjid Alumni IPB, Muhammad Rifa’i, menyampaikan, “masjid ini bisa ramai dengan banyak kajian karena DKM Alumni IPB mengizinkan organisasi Islam atau komunitas dakwah untuk menggunakannya sebagai tempat berdakwah”. Menurutnya, selama itu sunnah wal jamaah pihaknya akan memberi izin tempat dengan ketentuan waktu yang tersedia.

Baca:  BEM FAI UIKA Gelar PDO dan Makrab

Rifa’i menjelaskan, kajian yang ada di masjid Alumni IPB, pada dasarnya bersumber dari tiga bentuk pengadaan kajian. “Pertama, kajian yang diadakan dari komunitas ataupun organisasi Islam. Kedua, kajian yang memang di selenggarakan pihak DKM. Dan yang ketiga, kajian yang sifatnya insidental atau diadakan pada kesempatan atau waktu tertentu saja,” ucapnya saat ditemui wartawan di ruang sekretariat Masjid Alumni IPB.

Menurut Rifa’i, permintaan komunitas atau organisasi yang ingin adakan kajian biasanya pada  waktu dhuha di hari sabtu dan minggu. “Bahkan hampir setiap sabtu dari mulai bada’ ashar hingga jelang maghrib terdapat komunitas yang rutin adakan kajian di sini,” ujarnya. Masjid yang berdaya tampung 1000 jamaah itu juga terkadang suka mengadakan kajian Sabtu malam yang dimulai dari bada’ maghrib sampai jam Sembilan malam.

Baca:  Presma IPB Nilai Debat Pilpres Belum Optimal

Rifa’i yang berasal dari Karawang, menganggap, selama menjadi imam masjid di beberapa tempat sebelumnya cuma masjid Alumni IPB yang memprogramkan pelaksanaan kajian  setiap harinya. Dia menyebutkan bidang ilmu yang dikaji di masjid Alumni IPB, terdiri dari ilmu tafsir Quran, fiqh, tasawuh, hadis, dan ekonomi syariah.

Masjid yang sudah dibangun pada tahun 2012 itu juga memiliki kegiatan rutinan lainnya, seperti menyelenggarakan kegiatan pendidikan berbentuk Taman Pendidikan Anak (TPA), madrasah, dan Pusat Kegiatan Masyarakat. Terdapat juga penyelenggaraan tablig akbar, serta kegiatan sosial ekonomi.

Baca:  BKSPDA Kota Bogor Gandeng IPB Gelar Pelatihan Konvensi Hak Anak

(SENDI ROMADHON SIMORANGKIR)