Beranda News Bogor Raya

GIB Cabang Bogor Serentak Distribusikan Beras ke Sembilan Ponpes

LIPUTANBOGOR.COM – Gerakan Infaq Beras (GIB) merupakan komunitas sosial yang menawarkan program orang tua asuh bagi anak yatim dan penghapal Alquran. Tidak hanya itu, lembaga tersebut juga memiliki tugas untuk mendistribusikan beras ke pondok pesantren. Salah satunya sekretariat GIB Cabang Bogor, yang belum lama ini melakukan distribusi beras ke Sembilan pondok pesantren di Bogor.

Bendahara Sekretariat Gerakan Infaq Beras (GIB) cabang Bogor Raya, Riyana Wahyu Puji Lestari, mengatakan, kegiatan berbagi beras tersebut biasa dilakukan tim Pasukan Amal Sholeh (Paskhas) GIB Cabang Bogor pada pekan terakhir setiap bulan. “Alhamdulillah gerakan ini sudah berjalan 15 series, artinya sudah 15 bulan terdapat sembilan pondok pesantren dengan jumlah 1.588 santri yang merasakan manfaatnya,” ujarnya kepada wartawan.

Baca:  BEM FAI UIKA Bogor Peringati Peduli TOSS

Dia menyampaikan, sasaran pendistribusian beras  ke pondok pesantren penghafal Alquran yang santrinya yatim, piatu, yatim piatu dan dhuafa. Pengakuannya, tidak semua ponpes penghapal Alquran di Bogor dapat diberikan bantuan beras karena GIB Cabang Bogor memiliki keterbatasan dana donasi.

GIB Cabang Bogor yang berdiri sejak November 2017, pada akhir Februari 2019 memiliki kuota 1.450 Kg beras terbaik untuk dibagi ke sembilan Ponpes. Diantara sembilan Ponpes yang dibagikan beras tersebut yakni Ponpes Al Karimah Pasir Jambu, Ponpes Baqiyatus Sholihat, Ponpes Tahfiz Quran Nurul Iman, Ponpes Alquran An Nur, Ponpes Tahfiz Quran Miftahul Falah, Ponpes Al Huda Wal Tuqo, Ponpes Al Wafa, Ponpes Tarbiyatun Nisa, Ponpes Umar Bin Khotob.

Dia juga menambahkan, selain membagikan beras terbaik terkadang GIB juga memberikan lauk pauk seperti telur, tahu, dan tempe serta beberapa gerakan lainnya. “Selain gerakan membagi beras kita juga ada gerakan santri berbagi, ngeliwet bareng, dan sedekah akbar,” ucapnya keapda Liputanbogor.com, Senin (4/3).

Baca:  Ditemukan Fasilitas Rusunawa Berantakan, Disperumkim Janji akan Benahi

Rihana mengatakan, beras yang diberikan GIB bersumber dari donasi orang tua asuh yang sifatnya perorangan. “Sebagian Paskhas juga orang tua asuh. Kami para Paskhas selalu bergerak untuk syiar dalam rangka menularkan kebaikan dengan mengajak orang supaya jangan bosan berbuat baik, salah satu wasilahnya menjadi orang tua asuh santri” ucap Rihana.

Rihana sendiri menyampaikan, motivasinya mengelola GIB karena lillahi ta’alla semata untuk menjalankan perintah Allah. “Dengan mengajak para orang tua asuh memuliakan anak yatim, piatu, yatim piatu, dhuafa penghapal Alquran merupakan syiar di Jalan Allah,” ucapnya. Rihana mengutip bagian arti surat Muhammad ayat tujuh, yakni, “barang siapa menolong agama Allah, maka Allah akan menegakkan kedudukannya di dunia”.

Baca:  Pantau Aktivitas Stasiun Bogor, Dedie Rachim : Situasi Lebih Landai

GIB yang sudah berdiri tahun 2012 tersebut berpusat di Pontianak. Sedangkan sekretariat GIB Cabang Bogor terdapat di Sumur Wangi, Kelurahan Kayumanis, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. GIB juga memiliki sekretariat cabang di 36 kota lainnya yang tersebar di Indonesia.

“Visi GIB yakni Makmur Bersama Para Penghapal Alquran,” ucap Riyana. Maka dia berharap agar GIB bisa istiqomah dilaksanakan, bahkan semakin meluas wilayahnya. “Agar semakin banyak jumlah santri Ponpes yang merupakan pejuang Islam bisa terfasilitasi dengan makanan berkualitas, halal dan thoyyib,” katanya melalui keterangan tertulis. (Sendy Romadhon)