Beranda Opini

Kelebihan Pengelolaan Zakat oleh Lembaga Zakat

Peran Amil Zakat dalam Filantropi Islam juga sudah dilakukan sejak Zaman Rasulullah SAW hal ini dibuktikan dalam hadits sahih Bukhari-Muslim dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW telah menjadikan seorang laki-laki dari Azad yang bernama Ibnu Lutbiah sebagai petugas dalam segala urusan zakat.Pembagian zakat sudah diatur secara jelas dalam Q.S At-Taubah ayat 60 yang artinya

“Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu´allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.”

Imam al-Qurthubi ketika menafsirkan surat at-Taubah ayat 60 menyatakan bahwa amil itu adalah orang-orang yang ditugaskan atau diutus oleh Imam (Negara) untuk mengambil, menuliskan, menghitung dan mencatat zakat yang diambil dari para muzakki untuk kemudiah diberikan kepada mustahiq.

Baca:  Optimalisasi Dana Zakat untuk Pemberdayaan UMKM Mustahik di Tengah Wabah Virus Corona

Rasulullah pernah pula mengutus Ali bin Abi Thalib ke Yaman untuk menjadi amil zakat. Muaz bin Jabal pernah juga diutus oleh Rasulullah disamping bertugas sebagai da’i (menjelaskan ajaran Islam secara umum), juga mempunyai tugas khusus menjadi amil zakat. Demikian pula yang dilakukan oleh khulafaur-rasyidin sesudahnya, mereka selalu mempunyai petugas khusus yang mengatur masalah zakat, baik pengambilan maupun pendistribusiannya.

Menurut Undang-Undang No 23 tahun 2011 Pasal 1 ayat 3 Lembaga Amil Zakat yang selanjutnya disingkat LAZ adalah lembaga yang dibentuk masyarakat yang memiliki tugas membantu pengumpulan, pendistribusian, dan pendayagunaan zakat..

Baca:  Commit Fest 2020 Ajang Berkreativitas dan Berinovasi Pelajar Bogor

Berikut Kelebihan Pengelolaan Zakat oleh Lembaga Zakat

  • Memiliki kepastian hukum baik syariat maupun hukum positif.
  • Memudahkan pengumpulan dan pembagian dana zakat.
  • Untuk menjaga perasaan rendah diri para mustahiq zakat apalagi berhadapan langsung untuk menerima zakat dari para muzakki
  • Untuk mencapai efesien dan efektifitas, serta sasaran yang tepat dalam penggunaan harta zakat menurut skala prioritas yang ada pada suatu tempat titik. Untuk memperlihatkan syiar Islam dalam semangat penyelenggaraan pemerintahan yang Islami.

 

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai kelebihan pengelolaan zakat oleh lembaga zakat.Semoga artikel ini bermanfaat dan membuat kita sadar akan penting nya zakat dan berbagi.(Bunyanun Rizki)

Baca:  Mau Masuk UI? Ini Beberapa Jalur Masuk UI Selain SNMPTN dan SBMPTN

 

Sumber :

  • Al-Quran dan Hadits.
  • Undang-Undang nomor 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.
  • Qardawi , Yusuf . 2007 . Hukum Zakat, Bogor:Litera Antar Nusa