Beranda Opini

Menahan Hati dari Amarah

Sumber Foto : ruangtarbiyah.com

Oleh : Firda Ahyani (Mahasiswi STEI Sebi Depok)

Tak asing kita mendengar kata amarah bukan. perasaan yang semua orang pasti merasakan nya, emosi yang menggondok di dalam hati yang sulit untuk dikendalikannya . Ketika emosi itu meluap, meledak , bahkan keluar yang kita rasakan pasti adalah rasa kepuasaan rasa lega , kebebasan dalam hati dan pikiran. Padahal Seperti yang kita ketahui amarah itu datang dari sipat setan yang menguasai dari kita mengendalikan kita melalui amarah kita.

Dari mana kita bisa mengetahui setan itu menguasai diri kita?
itu mudah sekali kita mengetahuinya terlihat dari emosional yang meledek ledak ,yang sulit untuk di kendalikan oleh diri kita sendiri . Emosi yang melunjak yang membuat setan itu semakin senang sekali menguasai diri kita, sehingga membuat kita sebagai maanusia tak sadar diri dengan apa yang dilakukan dan di ucapkan oleh kita.

Banyak factor yang membuat amarah dalam hidup kita itu seakan muncul tiba tiba, salah satu nya merasa lelah dalam menjalan kann hidup. Ya memang ketika kita hidup di dunis pasti akan merasakan b hidup yang sangat keras,tak jarang kita dibuatnya akan tenang menjalani kehidupan ini.

Baca:  Sebuah Amanah ; Pemuda, Jayakan Dunia

Dalam sebuah rumah tangga banayk sekali hal yang membuat emosi itu melunjak, salah satu nya permasalahan ekonomi. Permasalahan ekonomi ini yang biasanya selalu dijadikan sebuah faktor utama dalam sebuah pertengkaran rumah tangga, masih banyak hal lain nya.

Tak heran jika seorang wanita lebih memilih dengan cara menangis untuk meluapkan rasa emosi dalam jiwa nya.karena dengann menangis rasa ketenangan itu akan dirasakan. Mungkin akan terlihat seperti anak kecil ketika kita sedang menangis untuk meluapkan rasa emosi, tapi perlu dik. Mungkin akan terlihat seperti anak kecil ketika kita sedang menangis untuk meluapkan rasa emosi, tapi perlu diketahui. Mungkin akan terlihat seperti anak kecil ketika kita sedang menangis untuk meluapkan rasa emosi, tapi perlu diketahui bukan berarti dewasaitu tidak boleh menangis melainkan dewasa itu adalah pilihan.

Baca:  Mahasiswa Harus Tahu Sejarah Kampus Perjuangan UIKA

Banyak pemicu yang beragam, bisa karena kemacetan yang membuat telat datang kekantor atau karena berkar tersiram air oleh anak bahkan hal lain yang memicu amarah meledak . Apa pun penyebabnya yang kita harus lakukan yaitu, meredamkan emosi secepat mungkin, yuk kita cari tau bagaimana cara meredam amarah dengan cepat diulasan berikut.

Obat meredam amarah dengan cepat

Ketika emosi memuncak, jantung pun akan semakin cepat memompa sehingga menimpulkan detak jantung yang begitu sanagt cepat, tekanan darah pun otomatis akan meninggi, kepala berasa sakit, napas pun akan terasa sedikit sesah. Amarah memuncak berpengaruh juga tehadap buruk nya kesehatan, jika amarah terus memuncak ini akan menimbulkan kematian lebih cepat.Nah oleh sebab itu kita harus mencari cara bagaimana cara meredamkan amarah yang baik untuk kesehatan.

Langkah pertama yang harus di lakukan adalah menarik napas dalam dalam. Cara menarik napas ini cukup ampuh dalam menenangkan hati dari amarah, menghirup banyak oksigen ke dalam tubuh membantu untuk merilekskan rasa ketegangan dalam diri kita, dan bagus pula untuk kesehatan diri kita. Langkah kedua yaitu dengan cara berpindah tempat dari posisi pertama, misalnya dalam keadaan berdiri maka yang harus di lakukan adalah duduk atau sebaliknya. Dengan cara berpindah seperti ini bisa menjauhkan dari sumber kekesalan.sehingga membantu kita untuk sejenak memikirkan solusi dalam ketenangan.

Baca:  Pemikiran Ekonomi pada Zaman Abbasiyah

Ketiga mendengarkan music favorit kita, dengan cara ini bisa sejenak kita melupakan semua masalah yang membuat kita muncak emosi , dengan music bisa merubah perasaan yang tadinya emosi bĂȘte bisa enjoy kembli.

Mungkin tiga tips ini bisa sedikit meredamkan emosi yang memuncak. Banyak kerugian yang di dapatkan dengan ters menuruti amarah dan tidak pandai mengendalikan nya. Semoga dengan tiga tips ini bisa membut emosi tidak memuncak lagi dan bisa meredamkan nya. Jika ingin tubuh sehat maka perbanyaklah tersenyum dan jauhi amarah.