Beranda News Bogor Raya

Mengenal Lebih Dekat Pecinta Alam SMA PGRI 1 Bogor

Bogor – Pecinta Alam SMA PGRI 1 (Pacagri) Bogor merupakan salah satu ekstrakurikuler yang berada di naungan SMA PGRI 1 Bogor.

Pacagri berdiri pada 16 Februari 1992 yang didirikan oleh Bambang Dwi Triatmaji dan Faik Nasir.

26 Tahun berkiprah dan memiliki ratusan anggota dari 23 angkatan, Pacagri tetap eksis hingga saat ini dengan berbagai prestasi, program dan ekspedisi yang telah dicapai.

Ketua Umum Pacagri, Muhammad Yusril Apandi mengatakan Pacagri didirikan dengan maksud sebagai wadah pembinaan generasi muda yang menggunakan prinsip-prinsip dasar cinta terhadap alam.

Baca:  Rayakan HUT ke-27, Pacagri akan Gelar Berbagai Kegiatan

“Pacagri memiliki tujuan membangun, mendidik sikap dan mental selaku petualang generasi muda dan mengembangkan kecintaan terhadap alam beserta segenap isinya sebagai pernyataan rasa cinta terhadap Tuhan sebagai pencipta,” paparnya.

Yusril menambahkan Pacagri memiliki berbagai macam kegiatan yang bermanfaat baik untuk pribadi maupun masyarakat.

“Di Pacagri kita belajar dan melakukan banyak hal kegiatan, seperti pendakian gunung, bakti sosial, telusur goa, panjat tebing, arung jeram dan masih banyak lagi,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Instruktur Pacagri, Bagus Eko Priyanto mengatakan seluruh anggota Pacagri akan diberikan bekal pengetahuan tentang kegiatan alam bebas.

Baca:  Warga Diminta Takbiran dan Shalat Id di Rumah Masing-masing

“Sebagai ekstrakurikuler yang menjadikan alam terbuka sebagai media pembelajaran, maka setiap anggota akan diberikan dasar-dasar tentang cara aman dan nyaman pada saat melakukan aktivitas di alam terbuka,” kata Bagus.

Tidak hanya dasar-dasar kegiatan di alam bebas, lanjut Bagus, setiap anggota Pacagri ditanamkan jiwa persaudaraan dan mental yang kuat, serta rasa sabar menghadapi segala rintangan yang menghalang.

“Setiap anggota diajarkan untuk bisa mengatur sebuah kegiatan atau perjalanan, kerjasama tim menjadikan anggota memiliki bekal untuk melanjutkan hidup di perkuliahan, kerja ataupun masyarakat,” ujar Bagus.

Baca:  Uji KIR di Dishub Kota Bogor Meningkat, Sehari Sampai 130 Kendaraan

Bagus menambahkan Pacagri merupakan ekstrakurikuler yang memiliki sifat keanggotaan seumur hidup, jadi kekeluargaan tidak akan terputus pada saat kita lulus dari SMA PGRI 1 Bogor.

“Seluruh keluarga besar Pacagri sampai saat ini tetap solid, saling bersinergi dan berkolaborasi antar anggota yang sudah berada di berbagai bidang pekerjaan, untuk kemajuan bersama seluruh anggota dan Pacagri,” pungkas Bagus. (MIA)