Beranda News Bogor Raya

SCB Kirimkan 80 Santri Kafilah Dakwah Ke Sembilan Masjid di Bogor Raya

LIPUTANBOGOR.COM- Sekolah Cendekia Baznas (SCB) secara resmi telah mengirimkan 80 santri yang tergabung dalam Kafilah Dakwah ke Sembilan masjid di Bogor Raya, (20/5). Program itu merupakan bagian dari School Social Responsibility SCB yang bertemakan “Perjalanan Para Hafidz Menggelorakan Syiar Quran dan Pendayagunaan Zakat”.

Kegiatan pelepasan santri yang dihadiri masyarakat sekitar SCB, BAZNAS Pusat, LPEM, Camat Cibungbulang, Perwakilan Yayasan Siti Hajar Suja’i, Babinsa Babinmas Desa Cemplang serta Perwakilan RT dan RW Cirangkong tersebut, diawali dengan pengalungan sorban kepada sembilan orang perwakilan tim kafilah dakwah oleh Kepala Sekolah Sekolah Cendekia Baznas.

Baca:  Korps Mahasiswa GPII Komisariat UIKA Bogor Tantang Satpol PP, Razia Miras di Cafe dan Restoran

Kepala Sekolah Cendekia Baznas, Eko Wawan, berharap kegiatan ini dapat menjadi kesempatan yang baik untuk mensyiarkan program sekolah dan pendayagunaan zakat. “Program- program yang melibatkan masyarakat tentunya dapat menambah kepercayaan diri siswa dan santri tahfiz”, ucapnya.

Eko juga mengatakan, harapan lain adanya program ini juga untuk mengedukasi masyarakat kalau zakat dapat tersalurkan dengan benar melalui bidang pendidikan”.

Kafilah Dakwah yang berlangsung selama satu pekan diselenggarakan dalam rangka mengagungkan syiar di Bulan Ramadhan 1440 Hijriyah itu dilakukan melalui dakwah, budaya, membaca serta manghapal Alquran.

Adapun jumlah tim kafilah dakwah terdiri dari santri tahfiz dan siswa kelas tujuh dan delapan SCB. Dalam pelaksanaannya, tim kafilah dakwah SCB berkaloborasi dengan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) setempat.

Baca:  Polres Bogor Lakukan Penangkapan Terhadap Terduga Pelaku Curanmor

Terdapat program yang dilaksanakan diantaranya, program khataman Alquran 30 Juz setiap hari, menjadi imam dan mengisi kultum salat terawih, kajian subuh dan waktu dhuha serta membantu persiapan berbuka puasa.

Ketua Panitia Program Kafilah Dakwah, M. Fat Churrohman, mengatakan, sembilan masjid yang menjadi titik lokasi penyebaran kafilah dakwah, yaitu Masjid Besar Al Awwalien di Leuwiliang, Masjid Al Ijtihad di Lewisadeng, Masjid Besar Al Hisan di Cibinong, Masjid Agung Baitul Faidzin Pemda di Cibinong, Masjid Besar Jabal Nur di Babakan Madang, Masjid Al Hidayah di Cileungsi, Masjid Al Azhiim di Cigombong, dan Masjid Nurul Maghfiroh di Caringin.

Baca:  Dukung Program Pemasangan WIFI Gratis, GPII Minta Pemkot Bogor Kolaborasi dengan OKP

Kegiatan tersebut juga disambut positif Direktur Pendistribusian dan pendayagunaan BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional), M. Hasbi. “ Alhamdulillah dengan kegiatan ini kita bisa membutktikan bahwa BAZNAS dapat melebur dan bermanfaat untuk masyarakat,” ucapnya.

Selain Program Kafilah Dakwah, SCB juga sehari sebelumnya mengadakan Program Tabligh Akbar dan Buka Puasa Bersama dengan Qatar Charity Indonesia.

Rep: Sendi Romadhon Simorangkir